nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peduli Lingkungan, Ini Tips Ajak Anak Bijak Berplastik

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 22 Agustus 2019 15:20 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 22 612 2095278 peduli-lingkungan-ini-tips-ajak-anak-bijak-berplastik-SInSOl2UNT.jpg Ajak anak bijak berplastik (Foto : Theeverydaymomlife)

Mengingat betapa gentingnya masalah soal sampah plastik, diperlukan kerjasama dari semua generasi untuk bisa berlaku bijak berplastik. Ya, semua generasi, dimulai dari yang termuda, anak-anak kecil yang nantinya akan menjadi penerus bangsa ini ke depannya.

Sejatinya, sedari dini memang anak-anak sudah mengetahui dan memahami soal bijak berplastik dalam kehidupan sehari-hari. Tapi tentunya untuk bisa mengajari dan mengajak anak-anak untuk bijak dalam berplastik ini, bukanlah hal yang mudah untuk dilakoni.

Bijak Berplastik

Lalu apa sebenarnya cara simpel tapi efektif, yang kita-sebagai orang dewasa bisa lakukan untuk mengajak dan menanamkan kesadaran pada anak-anak tentang bijak berplastik ini?

Untuk menjawab pertanyaan bagaimana cara simpel mengajak anak bijak berplastik, maka Okezone pun langsung bertanya kepada Dra.Leny Nurhayanti Rosalin, M.Sc, selaku Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.

Lenny menjelaskan sebetulnya ada dua cara untuk bisa mengajak anak untuk semangat dalam berperilaku bijak menggunakan plastik dalam kehidupan sehari-hari. Pertama ialah dengan memberikan contoh langsung, sebab sejatinya anak-anak adalah peniru yang ulung.

Anak Ibu dan Belanja

“Kita sebagai orang dewasa, harus memulai awalnya ya kasih contoh dulu ke anak-anak kita. Mulai dari rumah kita sendiri, langkah kecil tapi secara masif. Misalnya anak mau jajan, biasakan bawa wadah kontainer sendiri dari rumah. Siapkan saja, jadi anak jajan itu enggak pakai bungkus-bungkus plastik lagi. Jadi orang dewasa jadi orangtua itu enggak boleh malas memberi contoh,” jelas Dra. Lenny saat ditemui Okezone, Rabu 21 Agustus 2019 dalam gelaran acara di bilangan Gatot Soebroto, Jakarta.

Lenny menambahkan, sebagai orang dewasa jangan sampai lupa memberikan pemahaman kepada anak tentang betapa penting dan bermanfaatnya berperilaku bijak dalam berplastik.

Anak jangan pakai plastik

“Selain itu anak-anak harus kita tingkatkan kapasitasnya, berikan pemahaman mana yang baik mana yang enggak. Pemahaman ini ditekankan untuk kebaikan mereka sendiri, baik di jangka menengah maupun jangka panjang. Harus ajak anak sebagai aktor dan agen perubahan. Jadikan anak pelopor dan pelapor, agent of change sekaligus solusi atas isu permasalahan sosial, salah satunya isu masalah lingkungan kayak plastik ini,” pungkas Lenny.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini