nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wanita Bekerja, Lakukan 5 Tips Ini agar Kehidupan Karier dan Keluarga Seimbang

Rissa Hasna Refira, Jurnalis · Jum'at 23 Agustus 2019 18:07 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 23 196 2095761 wanita-bekerja-lakukan-5-tips-ini-agar-kehidupan-karier-dan-keluarga-seimbang-46GT94JK5F.jpg Tips hidup seimbang untuk wanita karier (Foto: Workingmother)

KARIER dan keluarga adalah satu hal yang tidak dapat diabaikan. Menyeimbangkan kedua hal tersebut juga bukan perkara mudah, terlebih bagi wanita karier.

Untuk memastikan kehidupan keduanya seimbang, seorang wanita karier harus tepat memilah mana yang bisa diprioritaskan lebih dulu. Dilansir oleh Yourtango, Jumat (23/8/2019), berikut ini adalah 5 tips sederhana untuk mengatur keseimbangan antara pekerjaan dan keluarga:

Ibu dan anak

1. Beri batasan di tempat kerja.

Wanita karier harus bisa mengelola semua komitmen Anda dengan baik, pertahankan ritme antara kehidupan keluarga dan kerja. Beri batasan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan. Jangan sampai urusan keluarga dibawa-bawa ke pekerjaan, karena itu menyangkut jenjang karier yang Anda jalani.

2. Atur waktu Anda ketika berada di rumah dan di kantor.

Penting untuk membuat aturan dan waktu secara berbeda ketika di rumah ataupun di kantor. Jangan sampai waktu yang seharusnya digunakan di kantor, Anda gunakan di rumah. Sempatkan juga me time untuk diri Anda sendiri, jadwalkan istirahat sejenak dan jangan terlalu memforsir pekerjaan.

 Ibu dan anak

3. Manfaatkan cuti untuk keluarga

Manfaatkan cuti untuk quality time bersama orang yang Anda cintai, rencanakan liburan menarik dengan keluarga. Dan ingatlah untuk menyingkirkan ponsel Anda pada saat-saat itu. Jangan sampai ponsel bisa menganggu waktu beharga Anda bersama keluarga.

4. Buat ritual penting bersama keluarga

Melakukan ritual-ritual kecil, seperti mengobrol setelah bekerja, ataupun mendongengi anak ketika tidur juga bisa menjadi rutinitas yang akan terbiasa jika sering dilakukan. Ini bisa menjadi hal yang sederhana tetapi sangat bermakna dan membuat keluarga lebih harmonis.

 Ibu dan anak

5. Perhatikan bagaimana Anda berkomunikasi, baik di kantor maupun di rumah.

Jangan melibatkan pasangan agar terhubung dengan rekan kerja. Mungkin terkadang sulit ingin menyesuaikan diri, tetapi cari cara lain dengan tidak melibatkan pasangan Anda.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini