nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Instalasi Batu Gabion Rp150 Juta di Bundaran HI, Bisakah Atasi Polusi Udara?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 23 Agustus 2019 11:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 23 481 2095609 instalasi-batu-gabion-rp150-juta-di-bundaran-hi-bisakah-atasi-polusi-udara-wgXz3grbMz.jpg Batu Gabion. (Foto: Okezone/Arief)

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta telah mengganti instalasi Getah Getih yang terbuat dari bambu menjadi Batu Gabion. Lokasi instalasi baru ini ada di Bundaran HI, Jakarta Pusat.

Berdasarkan keterangan pers, Batu Gabion ini melambangkan air, udara, dan tanah yang menyelaraskan lingkungan. Tidak hanya itu, Pemprov DKI juga mengharapkan dengan adanya instalasi Batu Gabion, udara di Jakarta bisa kembali bersih. Instalasi Batu Gabion ini menghabiskan dana sekitar Rp150 juta.

Hal menarik dari instalasi ini bukan hanya di rangkaian batu yang disusun rapi, tetapi adanya bunga Bougenville di bagian atas instalasi batu. Bunga ini biasa dikenal juga dengan bunga kertas, karena mahkota bunganya memang terlihat menyerupai kertas.

Pengganti Bambu Getah Getih, Instalasi Batu Gabion Hiasi Bundaran HI

Menariknya lagi, bunga ini memiliki warna yang merekah, sehingga bisa memanjakan mata yang melihatnya. Bahkan, lebih jauh lagi, bunga ini memiliki banyak manfaat terutama bagi kesehatan dan lingkungan. Ya, itu kenapa akhirnya Pemprov DKI Jakarta menambahan bunga ini di instalasi Batu Gabion.

So, apa saja manfaat bunga Bougenville?

Dikutip dari Steemit, ada banyak sekali manfaat dari bunga cantik yang satu ini. Bahkan, manfaat itu bisa berguna untuk kesehatan tubuh manusia. Berikut paparannya;

Pengganti Bambu Getah Getih, Instalasi Batu Gabion Hiasi Bundaran HI

1. Sumber Antioksidan Alami

Ekstrak bunga bougenville memiliki zat antioksidan yang cukup tinggi. Dalam sebuah tes ditemukan bahwa ekstrak ini dapat membunuh semua jenis perusak sel atau radikal bebas di dalam tubuh. Potensi ini dapat menangkal semua radikal bebas yang ada di saluran pencernaan dan organ-organ lain dalam tubuh.

2. Mengatur Tekanan Darah

Di Meksiko, ektrak bunga bougenville dapat digunakan sebagai minuman alami untuk mengatasi tekanan darah tinggi dan mengatur tekanan darah. Senyawa yang dihasilkan dari manfaat bunga kering ini dapat menghambat masalah penumpukan plak dalam pembuluh darah. Itulah yang membuat tekanan darah menjadi lebih stabil dengan perawatan bunga bougenville.

Manfaat instalasi batu gabion seharga Rp150 juta di Bundaran HI.

3. Pengganti Antibiotik

Antibiotik sering digunakan sebagai obat khusus untuk mengatasi penyebaran bakteri penyebab penyakit dalam tubuh. Dalam sebuah percobaan yang dikembangkan di Amerika Serikat, terbukti bahwa ekstrak metanol bunga ini mengandung antibiotik alami. Hingga kini penelitian ini berlanjut dan dikembangkan untuk mengetahui efek samping dan risikonya.

4. Bersihkan Kualitas Udara

Bougenville memiliki efek yang sangat baik untuk meningkatkan kualitas udara dan air. Bunga-bunga ini memiliki efek yang sangat baik untuk menekan polusi yang disebabkan karena udara, kondisi perubahan iklim, dan berbagai efek timbal bahan bakar kendaraan. Karena itulah bunganya sangat berguna sebagai tanaman hias di jalan utama dan rumah-rumah.

Pengganti Bambu Getah Getih, Instalasi Batu Gabion Hiasi Bundaran HI

5. Cegah Peradangan Pada Perut

Peradangan lambung dapat menyebabkan beberapa kelainan salah satunya adalah radang stadium yang lebih parah. Untuk mengatasi ini ekstrak daun bougenville ternyata bisa digunakan sebagai obat alami untuk menyembuhkan peradangan di usus.

Senyawa kimia dalam daunnya dapat menyebabkan efek perlindungan dan menyejukkan usus. Langkah ini sangat penting untuk menjaga kesehatan lambung dan usus.

Pengganti Bambu Getah Getih, Instalasi Batu Gabion Hiasi Bundaran HI

6. Mempertahankan Keseimbangan Kolesterol

Jumlah kolesterol LDL dan HDL dalam tubuh sangat tergantung dari jenis makanan yang dikonsumsi. Jika terlalu banyak kolesterol jahat dapat menyebabkan masalah kolesterol dan meningkatkan risiko penyakit tekanan darah tinggi, diabetes, serangan jantung, dan stroke.

Konsumsi teh dari bunga bougenville telah dilakukan sejak jaman dahulu di Meksiko. Ekstrak dari daun bougenville mampu menjaga keseimbangan kolesterol dan tekanan darah.

7. Obati batuk

Batuk disebabkan karena ada reaksi spesifik pada saluran pernapasan. Batuk biasanya banyak disertai gejala flu dan kelelahan. Anda bisa memakai bunga-bunga bougenville terutama kulitnya.

Ambil beberapa bunga lalu haluskan sampai menjadi bubuk. Setelah itu campurkan bubuk tersebut ke dalam satu air matang. Gunakan air untuk berkumur dan tenggorokan akan lebih lega.

8. Atasi Masalah Pencernaan

Gangguan pencernaan seperti diare, asam lambung, dan perut kembung juga bisa diobati dengan rebusan daun bougenville. Daunnya mengandung senyawa yang dipercaya memiliki efek antiinflamasi dan menyejukkan usus.

Cara perawatan dilakukan dengan, ambil beberapa helai daun bougenville. Kemudian rebus 3 gelas air, biarkan mendidih dan sisakan setengah gelas saja. Minumlah dengan campuran madu untuk menyembuhkan gangguan pencernaan.

Pengganti Bambu Getah Getih, Instalasi Batu Gabion Hiasi Bundaran HI

9. Bunuh Bakteri

Bakteri dapat masuk ke dalam tubuh melalui berbagai cara. Kontaminasi makanan, air, dan berbagai sumber lain itu dapat menjadi sumber penyakit dalam tubuh.

Untuk mengatasi itu, daun bunga ini dipercaya sangat ampuh terhadap perkembangan bakteri seperti bakteri, Micrococcus luteus s. typhi, Escheria Colli, p. vulgaris, s. flexneri, dan bakteri lain. Karena itulah ekstrak daun bougenville dapat mengatasi diare dan masalah pencernaan lainnya.

10. Sumber Antioksidan Alami

Ekstrak bunga bougenville memiliki zat antioksidan yang cukup tinggi. Dalam sebuah tes ditemukan bahwa ekstrak ini dapat membunuh semua jenis perusak sel atau radikal bebas di dalam tubuh. Potensi ini dapat menangkal semua radikal bebas yang ada di saluran pencernaan dan organ-organ lain dalam tubuh.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini