nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lagi, Mobil Sultan Hamengkubuwono X Terjebak Macet Tanpa Pengawalan Tuai Pujian

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 23 Agustus 2019 09:49 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 23 612 2095580 lagi-mobil-sultan-hamengkubuwono-x-terjebak-macet-tanpa-pengawalan-tuai-pujian-OjmIRqQPv0.jpg Sultan Hamengkubuwono X (Foto: Okezone)

Sultan Hamengkubuwono X mendadak jadi perbincangan hangat di media sosial, menyusul sebuah video viral yang diunggah oleh akun gosip @lambe_turah.

Dalam video tersebut, terlihat jelas sebuah mobil sedan dengan plat merah AB 1 terjebak dalam sebuah kemacetan di sekitar kawasan Malioboro, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pemandangan unik ini sontak menarik perhatian para netizen.

Bukan tanpa alasan, selama ini banyak sekali pejabat-pejabat pemerintah yang menggunakan patroli dan pengawalan (Patwal) saat sedang melintas di jalan-jalan umum.

 Macet

Selidik punya selidik, kejadian seperti ini ternyata sudah berulang kali dilakukan oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogkarta itu. Beberapa waktu lalu, Sultan Hamengkubuwono X juga sempat menghentikan mobilnya untuk mempersilakan rombongan Presiden Jokowi yang kebetulan sedang berada di Yogyakarta untuk lewat.

Kisah tersebut pertama kali dibagikan oleh pemilik akun Facebook, Hartady Nugroho.

"Hari ini di Jalan Kusumanegaran, Sri Sultan yang sedang berada dalam perjalanan di dalam dengan mobil dinasnya, Plat Merah AB 1. Kendaraan beliau disuruh minggir pengendara moge pembuka jalan bagi rombongan presiden Jokowi," tulis Hartady.

Hartady menambahkan, saat menyadari bahwa mobil yang disuruh menepi itu adalah sultan Jogja, sang pengawal presiden itu meminta beliau untuk ikut rombongan presiden saja agar lebih cepat sampai tujuan. Tapi ternyata ditolak mentah-mentah oleh Sultan HB X.

 Dua pria bersalaman

"Salut dengan pejabat macam beliau. Tidak perlu pencitraan atau mengundang wartawan untuk meliput, biarlah rakyat sendiri yang menilai. Semoga panjang umur Sri Sultan. Jogja Istimewa selalu," tutupnya.

Video yang viral di media sosial tersebut semakin membuktikan bahwa, orang nomor satu di Yogyakarta itu benar-benar sangat rendah hati dan jauh dari sifat arogansi. Keputusan Sri Sultan Hamengkubuwono X yang enggan menggunakan pengawalan pun menuai banyak pujian dari para netizen.

"Jogja emang Istimewa, dari masyarakatnya, kotanya, bahkan rajanya. Salut," tulis akun iyanputrabumi.

"Sudah biasa kalee beliau seperti ini. Coba kalian sekali-kali pada piknik dan berkunjung ke Jogjakarta," tulis akun aningtyas25.

"Kadang bukan siapa-siapa aja pake pengawalan. Orang-orang lain di jalan udah kayak kacang dipeyek pada minggir," tulis akun rosyanayusuf86.

"Pak Gubernurku Sultanku. Kami bangga kepadamu pak," tulis akun sri_tari69.

"Ini sudah namanya dari rakyat untuk rakyat bisa merasakan yang namanya kemacetan yang rakyat rasakan. Respect," tulis akun ikham_toyota_palu.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini