nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mimpi Jakarta Wujudkan Kota Layak Anak

Tiara Putri, Jurnalis · Sabtu 24 Agustus 2019 17:36 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 24 196 2096178 mimpi-jakarta-wujudkan-kota-layak-anak-d4L0tT0cp7.jpg Mimpi Jakarta wujudkan Kota Layak Anak (Foto : Dok.Okezone)

Beberapa waktu lalu DKI Jakarta mendapat penghargaan Pelopor Provinsi Layak Anak 2019 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA). Salah satu alasan yang membuat ibukota negara mendapatkan penghargaan itu karena seluruh kabupaten/kota sudah meraih predikat Kabupaten/Kota Layak Anak. Tentunya penghargaan tersebut harus sejalan dengan program nyata kepada masyarakat untuk mewujudkan Kota Layak Anak.

Oleh karenanya, Forum Anak Jakarta menyelenggarakan kegiatan bertema Nagari Anak. Melalui acara tersebut, anak-anak yang turut berpartisipasi mengemukakan mimpi-mimpinya terkait Kota Layak Anak. Mimpi-mimpi tersebut dituangkan dalam bentuk pos-pos inspiratif seperti puskesmas ramah anak, sekolah ramah anak, ruang publik terpadu ramah anak, serta isu kepemilikan akta lahir, anak berhadapan dengan hukum, dan perkawinan anak.

Kota Layak Anak

“Melalui pos-pos ini, kami menyuarakan pandangan tentang Jakarta yang layak dan ramah anak. Saya bersama panitia lain mendapat ide untuk membuat kota impian anak-anak. Dengan begitu anak-anak yang datang memahami kota layak anak seperti apa serta sarana dan prasarana apa saja yang ada,” ujar Fili Oki Saputra selaku Ketua Panitia saat ditemui Okezone dalam pembukaan acara.

Uniknya, acara ini digagas oleh panitia yang semuanya adalah anak-anak. Sebanyak 90 orang anak yang duduk di tingkat SMP dan SMA bersatu padu untuk menemukan konsep Kota Layak Anak dan detail acara. Mereka juga bekerja sama agar acara yang berlangsung pada Sabtu-Minggu, 24-25 Agustus 2019 ini berjalan lancar. Harapannya, 1500 anak yang datang ke acara tersebut dapat mengerti isu-isu yang hendak disampaikan.

Acara Nagari Anak ini turut didukung oleh Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak, dan Pengendalian Penduduk Provinsi DKI Jakarta serta Wahana Visi Indonesia. Hadir pula Wali Kota Jakarta Timur, M. Anwar, S.Si, MAP yang mengapresiasi acara tersebut. Menurutnya, acara ini bisa menjadi pendampingan terhadap anak.

Kota Layak Anak di Jakarta

“Di acara ini ada role play yang mengajarkan agar anak tidak terganggu hak-haknya dan bisa membela diri. Anak diedukasi dan diperlihatkan tata cara untuk mengatasi kasus agar jangan sampai terintimidasi atau haknya tidak diberikan. Sebab anak adalah prioritas negara, ke depan mereka diharapkan tumbuh menjadi generasi yang berkualitas,” ujar M. Anwar saat ditemui dalam kesempatan yang sama.

Dalam acara tersebut, anak diberikan pemahaman tentang cara mereka menghadapi masalah terutama jika harus berhadapan dengan hukum.

Ada pula edukasi tentang mencegah terjadinya perkawinan anak, upaya menurunkan kekerasan, serta hak-hak anak yang harus dipenuhi seperti hak mendapatkan identitas, hak untuk bermain, hak mendapatkan pendidikan, dan lain sebagainya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini