nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Tempat Kuliner khas Jawa Timur di Jakarta Rasanya Wenak Tenan

Dewi Kania, Jurnalis · Sabtu 24 Agustus 2019 21:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 24 298 2096219 5-tempat-kuliner-khas-jawa-timur-di-jakarta-rasanya-wenak-tenan-fID9gK1Aiu.jpg Kuliner Jawa Timur. (Foto: Cookpad)

CITA rasa masakan Jawa Timur selalu dirindukan oleh banyak kalangan. Khususnya buat para perantau yang tinggal di ibu kota.

Di Jakarta banyak kok warung yang menawarkan masakan Suroboyo-an dengan rasa autentik. Mulai dari soto ayam koya, rujak cingur, tahu campur, rawon, tahu tek, nasi pecel, lontong balap hingga lontong kupang.

Kalau kangen, Anda tinggal datang ke lima warung berikut. Rasanya dijamin nikmat dan nagih deh! Okezone pun pernah datang langsung kesana untuk membuktikan lezatnya semua masakan khas Jawa Timuran. Di mana saja ya?

Warung Boma

Warga Jaksel pasti tak asing dengan kehadiran Warung Boma. Tempat ini bahkan viral saat Stasiun MRT Haji Nawi baru beroperasi. Karena setiap penumpang MRT yang lapar pasti akan mampir makan. Padahal warung ini sudah lama buka dan punya pelanggan tetap.

Orang Jawa Timur pasti pernah makan di sini. Di warung ini tersedia menu nasi pecel pincuk khas Madiun dan iga bakar kecap menggugah selera. Orang pun rela antre demi bisa mencicipi seporsi nasi pecel dengan cita rasanya bumbu kacang sedap. Penjualnya pun ramah dan kenal dengan satu per satu pelanggannya lho.

Soto Ayam Lamongan Pak Kadis

View this post on Instagram

Soto ambengan..

A post shared by Ale - Jung Rae Rim, F&Bjourney (@klikeatpost) on

Menemukan warung soto ayam khas Lamongan di Jakarta memang banyak. Tapi tidak semua rasanya sedap seperti di tempat asalnya. Menurut Okezone, ada satu warung soto ayam yang gurih dan sedap menggoda.

Banyak kondimen yang bisa ditambahkan, seperti jeroan dan uritan (telur muda). Kalau ingin mencicipi cita rasanya, Soto Ayam Lamongan Pak Kadis ini berlokasi di Jalan Rawamangun Muka Timur.

Tahu Campur Pak Joko

Di kawasan Gandaria, Jaksel, warung makan tahu campur dan tahu tek Lamongan sudah terkenal. Cita rasa masakan di sini nikmat tiada tara. Misalnya saja seporsi tahu campur, rasa gurih dan segar. Disajikan dengan tetelan sapi, perkedel singkong, tahu, mi dan selada, lalu disiram kuah. Ada juga tambahan petis yang didatangkan langsung dari Jawa Timur. Saking aslinya, kalau lagi kangen banget sama tahu campurnya, Okezone bisa habis dua porsi.

Warung Jawa Timuran Fatmawati

Lagi-lagi warung khas Jawa Timuran banyak berlokasi di Jakarta Selatan. Salah satunya warung kaki lima yang berlokasi di Kantor Pos Fatmawati. Di sini tersedia aneka masakan sedap Jawa Timur.

Kalau Okezone sukanya lontong kupang atau lontong balap yang jarang ada di tempat lain. Beberapa masakan lain seperti rujak cingur atau tahu tek juga ada. Cita rasanya enak, mirip masakan di tempat asalnya. Yuk, kalau penasaran cobain!

Kantin Blauran

View this post on Instagram

Salah satu makanan favorite gue yang asalnya dari surabaya adalah rujak cingur, makanan ini merupakan rujak yang di siram dengan bumbu kacang dan terasi yang wanginya dasyat, kemudian di kasih potongan cingur atau hidung sapi yang teksturnya ini mirip kikil agak kenyal2 gitu. Enak banget loh, apalagi di makan sama emping! Pastinya lebih enak lagi kalau bumbunya pakai kecap bango yang terbuat dari bahan alami ciptakan kecap berkualitas. Menjadi bumbu yang pas untuk teman makan rujak, lebih kaya rasa, emang #RasaTakPernahBohong, rujak cingur gue makin mantap! Kantin Blauran ini lokasinya ada di jalan cipete raya No. 33D, jakarta selatan. Yuk temukan citarasa khas Indonesia di masakan legendaris bersama kecap bango @BangoWarisanKuliner Dan yuk share tempat makanan favorit kamu kalau untuk nikmati rujak cingur, mana tau next nya aku bisa review di #JelajahKulinerNusantara !!

A post shared by Calvin Herryson (@gedeinperut) on

Rujak cingur salah satu kuliner yang paling diburu orang Jawa Timur. Di Jakarta ada satu tempat makan yang enak, tepatnya di Kantin Blauran. Di sana tersedia rujak cingur yang enaknya tak diragukan.

Bumbu petisnya kental ditambah dengan cingur (hidung sapi) yang kenyil-kenyil. Aromanya juga sangat sedap, paling enak lagi makannya pakai kerupuk. Maknyus!

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini