nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Makanan Lebih Enak Makan di Tempat daripada Dibawa Pulang, Ulah Jin?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Minggu 25 Agustus 2019 02:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 24 298 2096243 makanan-lebih-enak-makan-di-tempat-daripada-dibawa-pulang-ulah-jin-3qmRJfNAns.jpg Makanan dibungkus kurang enak tak selalu karena hal mistis (Foto : Okezone)

Pasti Anda membeli makanan dan minta dibungkus untuk dimakan di rumah. Setelah sampai di rumah, Anda mencobanya dan rasanya tidak enak sama sekali. Berbeda dengan Anda makan langsung di tempat.

Kondisi ini selalu dikaitkan dengan hal mistis. Beberapa orang percaya kalau makanan lebih enak dicicipi di tempat dibanding dibungkus dibawa pulang, maka pemilik rumah makan menggunakan pesugihan agar laris.

Seperti yang dialami Ade. Pada Okezone, dia menceritakan kalau pernah membeli makanan dan minta dibungkus untuk makan di rumah. ketika dimakan, makanan tersebut rasanya berbeda jauh dari rasa yang dia dapatkan ketika mencicipi langsung di restoran.

"Aku pernah bungkus makanan, baik itu take away atau beli lewat online, rasanya nggak seenak seperti kalau aku makan langsung di restoran," terangnya melalui pesan singkat, Sabtu 24 Agustus 2019.

kuliner jakarta info

Ade tak menampik, awalnya dia berpikir itu karena ulah makhluk halus atau jin yang dipelihara si pemilik rumah makan. Tapi, saat Ade coba menjajal makanan itu langsung di restoran, ternyata memang makanannya yang nggak enak.

Jadi, kalau menurut Ade, memang ada risiko yang mesti ditanggung jika Anda membawa pulang makanan dan makan di rumah. Selain cita rasa berubah, tampilan juga akan berbeda jauh dengan yang disajikan di restoran.

Punya pengalaman seperti ini ternyata tak membuat Ade kapok untuk membungkus makanan. "Kalau ditanya apa kapok, mungkin nggak. Tapi, jadi opsi kesekian aja sekarang kalau mau ngebungkus makanan lagi," tambahnya.

nasgor enak

Ade memang sempat menduga pemilik rumah makan lakukan pesugihan. Tapi, dia tak menampik kalau proses berubahnya rasa dan tampilan juga karena masalah waktu. Namun, apakah ada alasan logis lain yang bisa diterima supaya tidak terkurung dengan anggapan mistis yang berkembang di masyarakat?

Okezone coba mewawancarai Food Blogger Kevindra Soemantri untuk mejawab keraguan ini. Menurut dia, hal itu bisa terjadi memang salah satunya karena waktu. Perjalanan Anda menuju rumah membuat makanan tidak sehangat seperti saat disajikan di restoran.

"Makanan dibawa pulang nggak enak tentu saja karena terjadinya perubahan suhu. Suhu yang berubah berpengaruh langsung pasa tekstur makanan serta aroma makanan," papar Kevindra.

nasi goreng telor

Hal itu yang kemudian membuat makanan dibungkus dan dimakan di rumah rasanya tak senikmat langsung dicicipi di restoran. So, tidak melulu karena masalah mistis, ya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini