nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Asyik, Keliling Malioboro Kini Bisa Naik Andong Online!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 24 Agustus 2019 16:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 24 406 2096150 asyik-keliling-malioboro-kini-bisa-naik-andong-online-pFiNeLvTlr.jpg Keliling Malioboro kini bisa naik andong online (Foto : Leo/Okezone)

Jika Anda berlibur menuju Yogyakarta, hal yang paling asik dilakukan adalah berkeliling di sekitaran Jalan Malioboro yang melegenda dengan menggunakan Andong. Saat ini, beberapa Andong sudah terkoneksi dengan layanan ojek online sehingga bisa dipesan menggunakan smartphone Anda.

Meski demikian, pemesanan hanya bisa dilakukan di beberapa spot sepanjang Jalan Malioboro hingga titik nol kilometer. Jangan takut apabila Anda baru pertama kali menaiki Andong, pasalnya baik kuda dan kusir yang melayani telah dilatih secara khusus.

Andong Online

Ketua Paguyuban Andong Yogyakarta, Purwanto mengatakan bahwa beberapa andong yang terintegrasi dengan ojek online telah mendapatkan izin dari Dinas Perhubungan Kota. Alhasil bisa dikatakan bahwa andong ini berstatus resmi.

Andong ini telah masuk seleksi dinas perhubungan kota. Kalau andongnya bagus akan diijinkan masuk dan diberi plat nomor. Saat ini ada 446 pengendara andong, tapi yang mau masuk akan diseleksi lagi,” tutur Purwanto kepada Okezone pada saat peluncuran Grab Andong di Yogyakarta.

Tak hanya kualitas kusir dan andongnya saja yang dipantau. Namun kuda sebagai sumber tenaga penggerak andong pun dijaga dan dirawat dengan baik. Hal ini diungkapkan oleh Sekertaris Fakultas Kedokteran Hewan UGM, Dr. drh. Yuriadi, M.P.

Kuda Andong

“Kuda untuk andong akan dilakuakan konformasi tubuh minimal tinggi 140 cm agar ada korelasi tinggi kuda dengan pengendaranya. Biar tidak berat menanggung beban maksudnya. Dari nutrisi mereka butuh energi, jadi harus diberi makan bergizi tinggi,” terang Yuriadi.

Lebih lanjut drh. Yuriadi mengatakan rumput menjadi salah satu makanan pokok kuda. Selain itu ada juga penguat pakan yang terdiri dari bekatul padi, bekatul jagung dan lain sebagainya. Selain itu kuda juga membutuhkan kalsium dan nutrisi.

Andong di Jogja

“Kuda butuh kalsium mikro dan makro nutrisi jadi makanan harus tersedia secara terus menerus. Hal ini dilakukan agar kondisi badan tetap atletis sehingga tak ada tulang rusuk yang menonjol keluar. Kondisi ini akan menunjukkan kuda dengan gizi yang cukup,” lanjutnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini