nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

8 Atlet yang Diangkat Jadi PNS Usai Harumkan Nama Bangsa

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Minggu 25 Agustus 2019 03:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 24 612 2096250 8-atlet-yang-diangkat-jadi-pns-usai-harumkan-nama-bangsa-B5sojRZTtw.jpg Atlet diangkat jadi PNS usai harumkan Bangsa (Foto : Instagram)

Atlet yang berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional bisa mendaftarkan diri sebagai pegawai negeri sipil (PNS). Bahkan mereka akan otomatis lolos tanpa seleksi. Hal itu sesuai dalam Peraturan Menteri Pemuda dan Olahraga Nomor 6/2018.

Namun, ada syarat yang mesti dilengkapi atlet ini untuk menjadi PNS. Syarat pertama, minimal mendapat perunggu pada olimpik dan paralimpik serta kejuaraan dunia tahun 2016. Kedua, minimal mendapatkan perak pada Asian Games dan Para Games serta kejuaraan Asia tahun 2014. Dan ketiga, minimal mendapat emas pada Sea Games dan Asean Para Games serta kejuaraan ASEAN lainnya pada 2015 dan 2017.

Keistimewaan ini tentu bukan tanpa usaha juga. Para atlet mesti menunjukan performa maksimal dengan tujuan mengibarkan bendera Merah Putih di arena internasional. Usaha yang tidak mudah dan membutuhkan latihan bertahun-tahun.

Lantas, PNS di bidang apa mereka ini? Menurut beberapa sumber, para atlet berprestasi ini akan menjabat sebagai PNS Kemenpora dan menduduki jabatan sebagai pegawai golongan IIa, IIc, dan IIIa. Beberapa lainnya juga ditempatkan di BUMN.

So, siapa saja atlet yang kini sudah menjadi PNS berkat usaha dan tentunya prestasi mereka?

1. Tontowi Ahmad

Tontowi Ahmad

(Foto : @tontowiahmad/Instagram)

Tontowi Ahmad berhasil diangkat menjadi PNS secara otomatis karena berhasil membawa pulang emas cabang olahraga Bulutangkis Ganda Campuran di Olimpiade Rio 2016.

2. Liliyana Natsir

Liliyana Natsir

(Foto : @natsirliliyana/Instagram)

Liliyana pun bernasib sama dengan Tantowi. Dia berhasil diangkat menjadi PNS secara otomatis karena berhasil membawa pulang emas cabang olahraga bulutangkis ganda campuran di Olimpiade Rio 2016.

3. Eki Febri Ekawati

Eki Febri

(Foto : @ekifebrie/Instagram)

Atlet tolak peluru ini berhasil menyabet emas di ajang SEA Games 2017. Berkat prestasinya tersebut, Eki pun langsung diangkat sebagai PNS oleh Kemenpora.

4. Kevin Sanjaya

Kevin Sanjaya

(Foto : @kevin_sanjaya/Instagram)

Pebulutangkis andalan Indonesia ini tidak hanya menyuguhkan atraksi yang luar biasa di tengah lapangan, tetapi juga prestasi. Kevin berhasil mendapat emas di ajang All England 2017 dalam kategori Ganda Putra. Karena pencapaiannya itu, Kevin pun diangkat sebagai PNS.

5. Marcus Fernaldi Gideon

Marcus Gideon

(Foto : @marcusfernaldig/Instagram)

Berpasangan dengan Kevin Sanjaya, Gideon pun mendapatkan keistimewaan yang sama diangkat menjadi PNS. Prestasinya membawa pulang emas di All England 2017 membuatnya patut berbangga diri.

6. Rifda Irfana Luthfi

Rifda Irfana

(Foto : @rifda_irfanaluthfi/Instagram)

Atlet perempuan ini pun berhasil menjadi PNS berkat prestasinya di bidang olahraga senam. Dia mendapat emas di pertandingan SEA Games 2017.

7. I Gede Siman Sudartawa

I Gede

(Foto : @siman_sudartawa/Instagram)

Atlet renang ini pun berhasil menjadi PNS tanpa seleksi karena prestasinya di pertandingan SEA Games 2017. Di usianya yang masih muda, Siman sudah berhasil membuat dirinya bangga dan tentunya Indonesia.

8. Lindswell Kwok

Lindswell Kwok

(Foto : @lindswell_k/Instagram)

Atlet Wushu ini sempat menjadi pembicaraan publik karena keputusannya pindah agama dan mantap berhijab. Dia pun diangkat sebagia PNS karena berprestasi di SEA Games 20115 dan 2017 dengan membawa pulang emas. Tidak hanya itu, dia pun tercatat sebagai penerima perak di Taijiquan Championship Polandia 2016.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini