nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kisah Inspiratif Anjari, PNS yang Sekaligus Eksis Jadi Influencer Kesehatan

Pradita Ananda, Jurnalis · Minggu 25 Agustus 2019 22:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 25 481 2096451 kisah-inspiratif-anjari-pns-yang-sekaligus-eksis-jadi-influencer-kesehatan-FdKb9kOm5a.jpg Anjari, PNS sekaligus influencer kesehatan (Foto: Instagram:@anjarisme)

JIKA mendengar kata influencer, biasanya yang terbayang di benak banyak orang adalah sosok influencer di bidang kecantikan, fesyen, ataupun konten hiburan. Jarang bukan mendengar influencer kesehatan? Eits! Tapi jangan salah, meskipun tak banyak, PNS yang satu ini merangkap profesi tersebut.

Contohnya Anjari, yang menariknya secara profesi tetap ia diketahui bekerja sebagai salah satu pegawai negeri sipil (PNS) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Kepada Okezone, Anjari tak sungkan membagikan kisah profil dirinya sebagai seorang PNS namun juga influencer di bidang kesehatan.

 Infografis pns

Diwawancara oleh Okezone, baru-baru ini, Anjari menuturkan, ia sendiri sudah bekerja sebagai PNS di Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sejak 1 Januari 2004. Dengan latar belakang ilmu Hukum, ia pertama kali bekerja masuk sebagai PNS ditempatkan di unit kerja yang mengurusi hukum, organisasi dan kehumasan.

 Anjari influencer kesehatan

“Awalnya lebih banyak mengurusi penyusunan peraturan dan tatalaksana organsiasi. Sejak tahun 2011, ditempatkan dan diberi tanggung jawab kehumasan. Sejak tahun 2014, ditempatkan di Biro Komunikasi Kemenkes dengan tanggung jawab urusan manajemen isu, strategi komunikasi, komunikasi krisis dan riset atau audit komunikasi,” ungkap Anjari.

Bekerja sebagai PNS, ternyata tidak menghalangi passionnya di bidang menulis dan berbagi informasi. Sebab, sebelum bekerja sebagai PNS Kemenkes, Anjari mengungkapkan ia adalah seorang penulis blog alias blogger aktif yang aktif bergabung dalam komunitas Detik Blogger dan komunitas Blogger Nusantara yang menggaungkan nilai positif dan optimisme di kalangan netizen dan publik.

Dorongan akan berbagi informasi ini, semakin kuat dirasakan oleh Anjari karena sebagai pejabat publik di bidang kesehatan, ia menyadari bahwa ia bisa berkontribusi dan ikut bertanggung jawab menyebarkan informasi yang tepat soal kebijakan dan program kesehatan.

“Sebagai personal PNS, saya sadar punya kontribusi dan tanggung jawab menyebarkan kebijakan dan program kesehatan. Apalagi sebagai Humas, saya ikut bertanggung jawab membangun dan mengelola reputasi kesehatan. Bisa jadi karena sebagai netizen dan Humas kesehatan itulah saya banyak berbagi informasi kesehatan, terutama melawan hoaks kesehatan melalui gerakan #antihoakskesehatan,” imbuhnya.

 Anjari influencer kesehatan

Namun uniknya, ketika ditanya bagaimana tips menjadi seorang influencer atau speaker kesehatan yang baik. Pria berkacamata satu ini mengaku tidak punya rahasia khusus, hanya fokus pada passionnya yang memang suka berbagi.

“Saya tidak punya tips, tapi ini yang menjadi value saya, passion lah dalam berbagi. Alhamdulillah, banyak diberikan kesempatan berbagi di berbagai forum seminar, lokakarya, inhouse training, dan konsultasi.

Tentang menjalani dua buah peran sekaligus, PNS dan influencer. Ketika ditanya mana posisi yang lebih enak, pria yang menjabat sebagai Humas Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) dan Ketua Umum Perhimpunan Humas Rumah Sakit Indonesia (Perhumasri) ini berseloroh bahwa secara pribadi, ia merasa dirinya belum sebagai seseorang yang punya pengaruh besar.

 Anjari influencer kesehatan

“Haha.. saya tidak tahu kalau level saya influencer. Saya malah tidak pernah merasa kerja sbg inluencer. Niat saya berbagi dan meluruskan informasi kesehatan yang berkepentingan publik. Jika apa yang saya sampaikan itu berpengaruh kepada follower atau publik, ya Alhamdulillah, semoga bermanfaat,” seloroh Anjari menutup perbincangan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini