nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waspada 8 Gejala Ini jika Miss V Berdarah Usai Bercinta

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 26 Agustus 2019 01:34 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 25 485 2096492 waspada-8-gejala-ini-jika-miss-v-berdarah-usai-bercinta-NoVi2BNB2N.jpg Ilustrasi Miss V berdarah (Foto: Flo)

SATU hal yang cukup mengkhawatirkan bagi wanita adalah ketika Miss V berdarah saat bercinta. Padahal fase menstruasi sudah lewat. Hal ini tentunya menjadi pertanda kalau ada suatu gejala yang terjadi pada kesehatan Miss V.

Pendarahan di Miss V saat atau setelah bercinta bisa terjadi karena beberapa alasan. Salah satunya adalah efek samping menopause. Namun ada pula kondisi lain yang menyebabkannya. Berikut ulasannya seperti yang Okezone rangkum dari Flo, Senin (26/8/2019) :

Peradangan serviks atau servisitis

Kondisi ini bisa berlangsung terus-menerus dan sama sekali tidak berbahaya. Peradangan pada serviks juga bisa terjadi karena infeksi menular seksual yang perlu diobati seperti klamidia atau gonore.

 Miss V berdarah

Kekeringan

Selama fase menopause, hormon dalam tubuh perempuan berubah. Tingkat estrogen menurun dan dapat menyebabkan penurunan cairan Miss V. Saat bercinta, penurunan itu menyebabkan kekeringan sehingga gesekan pada Miss V dapat mengiritasi jaringan pelapis dan menyebabkan rasa sakit. Untuk mengatasi ini bisa digunakan pelumas yang larut dalam air.

Polip serviks

Polip adalah pertumbuhan daging tidak wajar di leher rahim. Meskipun ukurannya kecil yaitu 1-2 cm, saat tersentuh oleh Mr P dapat menyebabkan Miss V berdarah.

 Miss V berdarah

Perdarahan uterus normal

Kondisi ini biasanya terjadi sebelum atau sesudah menstruasia. Darah yang keluar pun biasanya hanya berupa bercak.

Endometriosis

Pendarahan saat bercinta juga bisa dipengaruhi oleh kondisi medis yaitu endometriosis. Kondisi ini membuat endometrium tumbuh di tempat di luar rahim. Inilah yang dapat menyebabkan pendarahan saat dan setelah berhubungan seks.

Kontrasepsi

Setiap kali perempuan memulai atau mengubah jenis kontrasepsi, pendarahan dapat terjadi kapan saja termasuk saat berhubungan seks. Namun, jika yang terjadi adalah pendarahan hebat maka harus berkonsultasi ke dokter.

Kehamilan

Kehamilan dini juga dapat menyebabkan pendarahan ringan saat berhubungan seks.

 Ilustras Miss V

Postpartum

Rahim dan Miss V membutuhkan waktu hingga 4-6 minggu untuk benar-benar pulih setelah melahirkan. Selama waktu ini, pendarahan (lochia) akan melambat dan berhenti selama beberapa hari. Sayangnya, pendarahan dapat terjadi lagi pada waktu yang paling tidak tepat seperti berhubungan seksual.

Kanker

Pendarahan juga bisa terjadi karena kanker di Miss V, leher rahim, atau rahim. Pastikan untuk menjadwalkan janji temu rutin dengan dokter guna menjalani pemeriksaan pap smear dan panggul secara teratur. Cara ini dapat membantu deteksi dini kanker.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini