nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berkarier Sebagai PNS Bisa Perbaiki Kondisi Finansial?

Pradita Ananda, Jurnalis · Minggu 25 Agustus 2019 11:41 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 25 612 2096324 berkarier-sebagai-pns-bisa-perbaiki-kondisi-finansial-MPTFpF7hH6.jpg Perbaiki finansial dengan menjadi PNS (Foto: Dok.Okezone)

MENDENGAR kata profesi sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), tidak bisa disangkal imej akan pekerjaan yang menjanjikan kesejahteraan di masa tua masih melekat erat.

Maka tidak mengherankan, banyak orangtua yang begitu menginginkan anak-anaknya bisa bekerja sebagai PNS.

Namun memang tidak dipungkiri, profesi satu ini bisa mengubah kondisi finansial seseorang berangsur-angsur jadi lebih baik daripada sebelumnya.

 Infografis pns

Contohnya pengalaman pribadi yang dialami oleh Suparmo, salah satu PNS yang bekerja di divisi Bagian Umum & protokol sebagai staf Tata Usaha, di kantor Walikota Jakarta Selatan. Kepada Okezone, Suparmo menuturkan ia sudah menjadi PNS sejak 2015 setelah sebelumnya menjadi pegawai honorer sejak 2003 lalu.

Bertugas sebagai staf tata usaha di kantor pelayanan publik, sehari-hari Suparmo bertanggung jawab untuk membantu tugas DiSub Bagian tata usaha dalam penerimaan surat, verbal, penataan arsip, melayani pimpinan dan menjalankan perintah pimpinan baik tertulis atau lisan.

Soal finansial, Suparmo tak menampik memang setelah bekerja menjadi pegawai negeri sipil, ada perbaikan signifikan di finansial yang ia sangat rasakan. Salah satu contohnya, ketika SK pegawainya sudah turun, ia bahkan bisa menggunakannya untuk investasi.

 Ilustrasi PNS

“Alhamdulillah kondisi finansial saat ini berubah drastis. Kondisi finansial ketika saya diangkat menjadi PNS bagi saya suatu hal yang sangat luar biasa. Sejak tahun 2015 saya coba untuk berkehidupan lebih baik dan tahun ini kami usahakan berinventasi dengan membeli kendaraan roda 4. Tapi investasi dalam bentuk rumah masih kami pertimbangkan dan terus cari,” terang Suparmo, saat dihubungi Okezone, baru-baru ini.

Ketika ditanya lebih lanjut soal kesejahteraan finansial yang ia rasakan setelah bekerja menjadi PNS, begitu juga dengan anggapan masyarakat awam jika kesan bekerja menjadi pegawai negeri sipil itu pasti akan sejahtera, tidak ditampik oleh Suparmo.

“Kesan kalau kerja jadi PNS itu pasti enak pasti sejahtera, benar ini yang saya alami. Tapi bukan berarti serta merta kesejahteraan yang kami terima adalah hasil berpangku tangan saja, kami sebagai PNS tetap bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Suparmo menjelaskan mungkin selama ini masyarakat hanya menganggap pekerjaan sebagai seorang PNS itu jauh dari kata tantangan.

Padahal nyatanya, Suparmo mengungkapkan, sebagai seseorang yang bekerja untuk melayani publik yang punya karakter berbeda-beda terlebih lagi masyarakat kota metropolitan seperti Jakarta, tantangan sulit pun ia harus taklukkan dalam bekerja setiap harinya. Contohnya, tidak boleh bersikap pilih kasih dalam melayani rakyat.

“Masyarakat dijakarta itu berbeda-beda, sifat, sikap, dan kemauan. Kita sebagai pelayan mereka harus benar benar paham dan dapat memberikan informasi yang tepat, cepat, jelas dan terbuka. Tidak pilih kasih serta mampu memberikan kepuasan atas layanan yang kita berikan,” tutup Suparmo.

1
3

Berita Terkait

PNS

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini