nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Produk Fashion Luxury Semakin Diminati di Makassar

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 26 Agustus 2019 14:59 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 26 194 2096717 produk-fashion-luxury-semakin-diminati-di-makassar-p5pN0wsgTu.jpeg Orang Kalimantan dan Sulawesi

Fashion seringkali diidentikkan dengan kota-kota megapolitan dan kaum urban. Buktinya, selama ini mayoritas pekan mode maupun acara peragaan busana lainnya lebih sering digelar di Ibu kota Jakarta.

Padahal, sejumlah daerah di Indonesia sebetulnya memiliki potensi yang sangat besar untuk mengembangkan industri fashion lokal mereka. Selain memiliki talent maupun desainer berbakat, daya beli konsumen di daerah-daerah tersebut juga dinilai sangat memumpuni.

Bahkan, beberapa kota besar seperti Makassar cenderung lebih tertarik dengan produk-produk fashion luxury, serta memiliki nilai atau value yang lebih tinggi. Hal tersebut dijelaskan secara gamblang oleh Franka Soeira selaku co-founder Modest Fashion Week dan #MarkaMarie.

Franka Soeira

"Makassar itu adalah market yang keren banget buat Indonesia Timur. Konsumennya apresiasi banget sama yang namanya luxury things. Produk fashion dengan harga mahal penjualannya bagus banget di sini," tutur Franka Soeira saat ditemui Okezone di Four Points by Sheraton, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (26/8/2019).

Franka menambahkan, beberapa waktu lalu Makassar sempat mengadakan salah satu fashion show terbesar yang berhasil menarik perhatian para pencinta fashion lokal, maupun Tanah Air. Bahkan, sejumlah desainer kenamaan asal Jakarta juga turut menghadiri acara tersebut.

"Karena mungkin di Jakarta mereka sudah mulai jenuh, sudah banyak fashion event di sana. Tapi karena terlalu banyak pilihan, akhirnya enggak bisa jualan juga. Sekarang, Makassar jadi salah satu destinasi baru buat pencinta fashion dan desainer," jelas Franka.

Fashion Show

Kelebihan Makassar sendiri memang berkaitan langsung dengan selera dan daya beli penduduknya. Buat desainer yang suka mengeluarkan koleksi premium dengan harga di atas rata-rata, Franka menyebut Makassar bisa jadi pasar yang tepat.

Sudah banyak desainer yang membuktikan hal tersebut. Salah satunya Lina Sukijo. Desainer busana syari asal Batam ini ternyata sudah memiliki banyak pelanggan di Makassar dan sekitarnya.

"Ada desainer yang tidak terlalu booming di Jakarta, tapi di Makassar penerimanya baik. Lina Sukijo yang koleksinya selalu pakai kristal swarovski dengan warna yang 'ngejreng' sangat disukai oleh orang-orang di sini karena desainnya 'Makassar banget'," ungkap Franka.

Lebih lanjut, Frana menambahkan, orang Makassar itu seleranya seperti orang Dubai. Mereka suka yang luxury, warna-warna metalic, dan barang yang limited edition.

Selain Makassar, industri fashion Kalimantan pun sebetulnya sudah mulai berkembang. Hanya saja belum banyak desainer yang berani melebarkan bisnis-bisnis mereka ke sana.

fashion dlk

"Kalimantan juga ada kemampuan beli, tapi pilihannya enggak banyak. Jadi desainerlah yang harus nyamperin ke sana. Intinya, selain Jakarta primadona untuk pasar fashion itu Kalimantan dan Makassar," tukasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini