nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Konsep Memasak Asian-American, Pertemuan Bahan Makanan Asia dengan Teknik Amerika

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 26 Agustus 2019 19:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 26 298 2096825 konsep-memasak-asian-american-pertemuan-bahan-makanan-asia-dengan-teknik-amerika-93FhBXeHqR.jpeg Makanan Asia dengan teknik memasak khas Amerika (Foto: Pradita Ananda/Okezone)

Dalam dunia industri kuliner, begitu banyak konsep dalam pengolahan makanan yang dihadirkan agar menghasilkan berbagai sajian yang tidak hanya lezat secara cita rasa. Namun juga menarik secara tampilan visual.

 Makanan di mangkok

Misalnya sebut saja konsep “Asian-American”, konsep Asian-American Food ini sendiri diketahui bukanlah konsep makanan yang baru. Konsep ini memadukan makanan khas Asia salah satunya makanan Indonesia dengan teknik memasak gaya Amerika, atau biasa disebut American cooking style.

 Makanan di piring

Sebagaimana dipaparkan oleh Chef Jodie Adrianto dari Lei Lo Restaurant, signature yang menjadi highlight dalam konsep pengolahan makanan ala Asian-American ini adalah memadukan bahan-bahan asli yang ada di negara tersebut namun dimasak dengan teknik bergaya Amerika.

“Di Amerika itu biasanya ada mengadaptasi bahan-bahan asli di situ, misalnya bahan-bahan masalah Korea, Thailand, dan Chinese food tapi adaptasi bahan dengan teknik masak Amerika. Hidangan khas Asia, tapi diolah pakai teknik gaya Amerika. Contohnya grill, steam dimasak dengan hot water,” ungkap Jodie saat ditemui Okezone, Senin (26/8/2019) dalam gelaran acara “Media Gathering Food Testing Lei Lo Restaurant”, di kawasan Senopati, Jakarta Selatan.

 Makanan di piring

Memasak sajian dengan menggunakan konsep Asian-American ini, dijelaskan lebih lanjut oleh Jodie memang secara rangkaian tahapan jauh lebih panjang dan memakan waktu. Namun di satu sisi, menghasilkan sajian makanan yang punya keunggulan tersendiri yakni dari segi cita rasa dan tekstur.

“Dengan mix and match ini, bisa dibilang kita jadi bisa menemukan beberapa rasa yang unik. Misalnya menu Beef Bowl di sini, ada tambahan dibakar dulu supaya nambahin rasa, rasa smoky khas Amerika. Secara tekstur juga, misalnya Potato Puree kita masak pakai krim dengan nutmeg yang sudah direbus, setelah itu masih kita blender lagi sampai halus tapi tebal konsistensinya. Jadi perpaduan ini, memperkaya cita rasa dan tekstur makanannya itu sendiri,” imbuhnya.

Makanan di piring

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini