nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Chef Bahtiar Sigar Ungkap Alasan Makanan di Restoran Harganya Fantastis

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 26 Agustus 2019 18:18 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 26 298 2096844 chef-bahtiar-sigar-ungkap-alasan-makanan-di-restoran-harganya-fantastis-s1C5f0srhv.jpg Ilustrasi makanan mahal (Foto : Capmaison)

Pernahkah terlintas di benak Anda, apa penyebab harga makanan di restoran-restoran bintang lima dibanderol dengan harga yang cukup fantastis? Bahkan harganya bisa berkali-kali lipat dibanding rumah makan atau warung-warung di pinggir jalan (street food).

Untuk menjawab pertanyaan kenapa harga menu restoran fantastis, Chef Bahtiar Sigar membocorkan salah satu alasannya dalam sebuah video di akun twitter pribadi. Dalam video tersebut, Bahtiar terlihat sedang membuat olahan saus berwarna kecokelatan. Namun ternyata, saus yang diolahnya bukan saus biasa, melainkan saus demiglace yang terbuat dari beragam bahan makanan.

“Saus demiglace ini, dibuat dari 5 liter air, 3 kg tulang sapi, 1 ekor ayam utuh, wortel, bawang bombay, bawang putih, daun bawang, seledri, bay leaf, dan tomat,” tulis Bahtiar pada keterangan video.

Tidak sampai di situ saja, setelah bahan-bahan terkumpul, semuanya lalu dimasak secara perlahan dengan waktu yang cukup panjang, bisa sampai sehari semalam. Dari proses pengolahan ini, saus yang dihasilkan ternyata hanya jadi beberapa sendok saja. Tak pelak bila hidangan yang disajikan oleh restoran-restoran bintang lima dibanderol dengan harga yang sangat fantastis.

Postingan Bahtiar sontak membuat para netizen heboh. Mereka tidak pernah menyangka bahwa untuk membuat olahan saus saja harus sedetail dan seribet itu. Bahkan hingga berita ini dituliskan, unggahan tersebut telah dibagikan lebih dari 8.3 ribu kali dan dibanjiri beragam komentar netizen.

“Pertanyaan pertama, rasanya apa itu saus yang dibikin sehari semalem. Pertanyaan kedua, gimana perasaan yang masak kalo itu saus enggak sengaja kesenggol terus tumpah semua,” tanya akun @Scarlettchaa.

Tweet Bahtiar

Bahtiar hanya memberikan jawaban singka. “Jawaban pertama: rasanya biasa aja. Jawaban kedua: perasaannya biasa aja,” tulis Chef yang gemar membagikan resep-resep praktis untuk para sobat misqueen di twitter.

“Tapi kebanyakan makanan resto mewah mahal-mahal, rasanya malah lebih enak yang kaki lima,” tulis akun @_wasssssabi.

“Bahan bakunya udah bisa dibikin sop ayam, iga sapi, buat orang serumah. Dan jatah gas buat masak seminggu,” tulis akun @dinalativa.

“Pacarku kerja jadi chef. Tiap kali dia cerita kerjaannya, asli gak kebayang sama sekali dia ngomong apa! Dikirain cuma bagian finance aja yang pusing sama angka, rekon dan closingan, tapi ternyata kerjaan kalian juga ribet ya, ga cuma motong dan oseng-oseng doang! Hahaha,” tulis akun @iriannasintya.

Ada juga netizen yang mencoba menjelaskan lebih rinci alasan restoran-restoran menjual makanannya dengan harga mahal.

“Resto mahal itu jual tempat, jual pelayanan, masakan di dunia manapun sama aja, lebay banget bikin sausnya. Bikin rendang masak semaleman jadi berpanci-paci tuh kuahnya, enak lagi. Dan itu brow sauce yang ingredientsnya gak selebay yang lau sebutin mas wkwk,” tulis akun @pratamafitrah.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini