2 Trik Memasak Cumi agar Tidak Alot

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 27 Agustus 2019 04:32 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 26 298 2096931 2-trik-memasak-cumi-agar-tidak-alot-uY9jmMa38u.jpg Olahan cumi-cumi (Foto: Pradita Ananda/Okezone)

Berbeda dengan memasak daging sapi ataupun ayam, mengolah hidangan laut contohnya daging cumi memang cukup riskan.

Bagaimana tidak riskan, jika tidak memahami trik memasak daging cumi yang tepat, selain amis maka tekstur cumi juga jauh dari kata kenyal tapi malah terasa alot.

 Makanan di piring

Memasak cumi agar dagingnya tidak terasa alot saat dikunyah, dan juga tidak meninggalkan bau amis, sejatinya membutuhkan trik sendiri.

Lalu bagaimana trik simpel yang bisa dipraktekkan dalam memasak cumi agar dagingnya tidak alot? Chef Jodie Adrianto dari Lei Lo Restaurant membagikan tipsnya.

Chef muda satu ini mengungkapkan, kunci untuk memasak daging cumi agar kenyalnya sempurna alias tidak alot sebetulnya mudah saja. Trik pertama ternyata soal marinasi alias perendaman dengan bumbu.

“Kalau enggak mau alot, marinasi sih. Rendam daging cumi pakai kecap asin dan lemon, lemon itu kan sifatnya asam. Nah ini yang bikin daging cumi jadi tender. Idealnya bisa sih direndam semalaman. Tapi beberapa jam, tiga jam sebelum dimasak juga oke. Jangan sampai over-marinasi saja,” papar Jodie kala dijumpai Okezone di Senopati, Jakarta Selatan, Senin, 26 Agustus 2019.

 Makanan di piring

Trik kedua yang dipaparkan oleh chef yang merupakan lulusan ilmu desain interior ini, berikutnya adalah pengaturan soal penggunaan api kompor.

Siapa sangka, ternyata trik dalam memasak daging cumi, misalnya saat diolah dengan cara dipanggang ialah langsung dengan menggunakan api besar loh.

“Misalnya kita grill nih, pakai api kompor api gede langsung. Setiap sisinya kira-kira tujuh menit. Pastikan dulu tapi pan atau wajan yang kita pakai sudah benar-benar panas, sudah smoky sudah berasap baru kasih minyak sedikit. Jadi begitu daging cumi menyentuh pan, itu langsung sizzling (mendesis). Intinya sih kalau masak cumi itu, api gede masak sebentar atau dimasak lama sekalian misalnya dengan direbus,” tandas Jodie.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini