nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengintip Keindahan Golden Temple di India, Turis Bisa Dapat Makanan Gratis

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 26 Agustus 2019 21:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 26 406 2096879 mengintip-keindahan-golden-temple-di-india-turis-bisa-dapat-makanan-gratis-4SC0GjPEOm.jpg Golden Temple di India (Foto: culturalindia)

Selain Taj Mahal, ada satu lagi destinasi wisata paling ikonik yang sering dikunjungi wisatawan mancanegara ketika traveling ke India yakni, Harmandir Sahibor atau dikenal dengan sebutan The Golden Temple. Bila diterjemahkan Harmandir Sahibor memiliki arti “Rumah Tuhan".

 Bangunan berwarna emas

(Foto: Sacredsites)

Lokasi Golden Temple sendiri berada di Kota Amritsar yang sering disebut-sebut sebagai kota tersuci Sikh di dunia. Menurut sejarah, Amritsar didirikan pada 1577 oleh Ram Das, guru Sikh keempat yang memiliki kekuatan penyembuhan di India.

Melansir laman simplynomadiclife, Senin (26/8/2019), Golden Temple dibangun di pusat Kota Amritsar yang secara tradisional juga menjadi pusat otoritas keagamaan Sikh.

Bangunan berwarna emas

(Foto: nortsouthtravel)

Kuil tersebut adalah tempat suci bagi kaum Sikh dan Hindu yang dibuka 24 jam sehari selama 365 hari per tahun. Artinya, Golden Temple selalu terbuka lebar bagi pengunjung yang ingin mengunjunginya.

Bangunan Golden Temple India memadukan gaya arsitektur Hindu dan Islam dengan bentuk lantai yang sangat elegan karena terbuat dari marmer. Lantai-lantai cantik itu dihiasi motif bunga dan berbagai jenis binatang.

Sesuai dengan namanya, daya tarik tempat ini terletak pada arsitektur bangunannya yang didominasi warna emas. Pada bagian atasnya, terdapat kubah yang dilapisai 750 kg emas.

Sementara pada bagian tengah, pengunjung bisa mendengarkan para imam maupun jamaat yang tengah melantunkan mantra dari Guru Granth Sahib yang membuat suasa menjadi terasa sangat intens.

 Bangunan berwarna emas

(Foto: Culturalindia)

Dari tampilan luarnya, bangunan ini memang terlihat megah karena memiliki 4 lantai dengan fungsi masing-masing. Apalagi ia dikelilingi kolam air suci yang sering digunakan oleh para Sikh untuk membersihkan diri.

Namun ada satu ruangan paling unik yang mungkin tidak banyak diketahui para pengunjung. Bangunan suci ternyata memiliki sebuah ruangan yang dikenal dengan istilah ‘langar’.

Ruangan ini biasanya digunakan para Sikh untuk mengolah lebih dari 100 ribu makanan yang nantinya akan dibagikan kepada para pengunjung.

Tak pelak bila banyak wisatawan yang penasaran ingin merasakan langsung suasana hangat Golden Temple, sekaligus mencicipi kelezatan hidangan yang diracik langsung oleh para Sikh.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini