nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gigi Berlubang Menempati 10 Besar Penyakit yang Diderita Anak Muda

Senin 26 Agustus 2019 20:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 26 481 2096740 gigi-berlubang-menempati-10-besar-penyakit-yang-diderita-anak-muda-hjn37RXvZH.jpg Sakit gigi sering dialami anak muda (Foto: Readers Digest)

MASALAH gigi berlubang sering kali dialami siapa saja. Namun, banyak yang tidak sadar kalau gangguan kesehatan ini bisa jadi permulaan dari penyakit-penyakit lain. 

Gigi berlubang adalah gangguan yang banyak terjadi, baik pada orang dewasa maupun anak-anak. Maka dari itu, pemeriksaan gigi perlu dilakukan secara rutin,

Kebanyakan gigi berlubang, berawal dari yang tidak pernah kontrol. Ada gigi yang berlubang kecil menjadi besar, sehingga akan berdampak nyeri di gigi.

 Gigi berlubang

Dr Aji C Baskara ketua Ikatan Konservasi Kedokteran Gigi DIY - Jawa Tengah mengungkapkan, menurut riset kementerian kesehatan, gigi berlubang menempati 10 besar penyakit di kalangan usia muda.

"Usia muda sekitar 20-35 tahuh sudah ada gigi yang hilang, usia muda sudah berlubang. kalau usia tua biasanya karang gigi, banyak gigi yang hilang, sehingga butuh perawatan yang lebih," kata Aji kepada belum lama ini disela acara bakti sosial pemeriksaan gigi gratis di Gereja St.Lidwina Bedog, Gamping, Sleman, seperti dikutip dari KRJogja. 

Sakit gigi

Penyebab gigi berlubang, kata Aji, juga kompleks. Menumpuknya bakteri pada mulut, sering mengonsumsi makanan manis dan mulut yang tidak terjaga kebersihannya. Berbagai macam faktor penyebab gigi berlubang di antaranya berasal dari kebiasaan buruk (kebersihan mulut tak terjaga) yang sering dilakukan.

Aji menyebut, ketika ada gigi berlubang, sebaiknya pergi ke dokter gigi. Pasien disarankan mengontrol gigi, sedikitnya minimal 6 bulan sekali.

Kalau berlubang kecil segera diperbaiki dengan ditambal, kalau berlubang besar bisa dicabut. jangan sampai gigi berlubang bisa menyebabkan infeksi lanjutan.

Gigi berlubang

"Kontrol ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali, tujuan untuk cek dan perbaiki gigi rusak sejak dini. lalu cara menyikat gigi yang salah, karena tidak semua orang bisa sikat gigi dengan efisien dan baik. ada tekniknya, waktunya dua kali sehari minimal yaitu pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur," tuturnya.

Lebih lanjut, sikat gigi diganti minimal 3 bulan sekali, pilih bulu sikat yang lembut. Teknik menyikatnya juga seharusnya diperhatikan, yang benar mulai menyikat dari arah gusi ke gigi. (Ive)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini