nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Lain Jadi PNS Tanpa Ujian, 7 Orang Ini Telah Membuktikannya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 26 Agustus 2019 15:37 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 26 612 2096699 cara-lain-jadi-pns-tanpa-ujian-7-orang-ini-telah-membuktikannya-WchunHt1lv.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SETIAP lowongan pekerjaan untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS), banyak masyarakat Indonesia berlomba-lomba mendaftar untuk menjadi bagian di dalamnya. Seleksi ketat dan proses ujian yang panjang pun harus mereka lalui. Padahal, ada cara lain menjadi PNS tanpa ujian loh.

Nah, salah satu caranya adalah dengan menjadi atlet. Nasib para atlet Indonesia kini dianggap lebih beruntung dibandingkan masa pemerintahan sebelumnya. Bagaimana tidak, pada masa pemerintahan Presiden Jokowi lah para atlet berprestasi mendapatkan tawaran menarik untuk menjadi PNS yang diberikan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Lalu, siapa sajakah atlet-atlet berprestasi yang kini banting stir menjadi PNS? Beriktu Okezone rangkumkan beberapa di antaranya, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

LIliyana Natsir

Ia pun turut hadir dalam upacara pemberian SK CPNS Kemenpora

Siapa yang tidak kenal Liliyana Natsir? Atlet bulutangkis yang akrab disapa Butet itu telah menorehkan sejumlah prestasi dan mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Namun pada 27 Januari, Butet memutuskan untuk pensiun dari dunia yang telah membesarkan namanya itu. Ia pun turut hadir dalam upacara pemberian SK CPNS Kemenpora.

Menurutnya, keputusan banting setir menjadi PNS adalah terobosan baru yang memotivasi para atlet untuk memberikan penampilan terbaik mereka. Bagaimana tidak, kini para atlet berprestasi telah dijamin oleh pemerintah.

Meski telah mendapatkan SK CPNS Kemenpora, Butet dan para atlet tidak akan langsung terjun menjadi pegawai. Mereka harus melalui proses bimbingan dan percobaan selama kurang lebih satu tahun ke depan.

Tontowi Ahmad

Tontowi mengungkapkan rasa bahagianya melalui sebuah postingan di Instagram.

Meski sempat grogi saat menjalani tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) beberapa waktu lalu, Tontowi Ahmad akhirnya menerima SK CPNS dari Kemenpora bersama pasangannya Liliyana Natsir. Usai terpilih menjadi PNS, Tontowi mengungkapkan rasa bahagianya melalui sebuah postingan di Instagram.

"Atlet sekarang masa depannya tidak usah diragukan lagi, jadi kita bisa latihan dan berprestasi. Mudah-mudahan hal ini bisa memacu atlet lain untuk terus berprestasi karena pengangkatan ini sangat menjamin masa depan atlet," tutur atlet peraih medali emas olimpiade 2016 itu.

Apriyani Rahayu dan Greysia Polli

Keduanya pun sepakat menerima tawaran Kemenpora untuk menjadi PNS.

Selain Liliyana Natsir, sejumlah atlet bulutangkis peraih medali Asian Games 2018 juga mendapatkan bonus spesial dari pemerintah berupa pengangkatan menjadi PNS. Beberapa di antaranya adalah Apriyani Rahayu dan Greysia Polli yang berhasil mendapatkan medali perunggu dalam cabang ganda putri. Keduanya pun sepakat menerima tawaran Kemenpora untuk menjadi PNS.

Menurut Apriyani, tawaran untuk menjadi PNS tersebut adalah tawaran yang sangat bagus dan sayang sekali bila dilewatkan. Dengan mengambil tawaran itu, keduanya juga menganggap telah menghargai perhatian pemerintah kepada para atlet Indonesia.

Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon

Momen Kemenangan Duo Minions Pertahankan Gelar All England

Masih dari cabang olahraga bulutangkis, pasangan ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon juga menerima tawaran untuk menjadi abdi negara. Bagi Marcus, menjadi PNS adalah pekerjaan yang mulia, sehingga sayang sekali bila dilewatkan begitu saja.

Seperti diketahui, selain mendapat bonus berupa uang tunai, pemerintah juga memberikan bonus pengangkatan menjadi PNS bagi para atlet yang berhasil meraih medali dalam ajang Asian Games 2018.

Muhammad Fadli

Prestasi inilah yang membuat Fadli mendapatkan Surat Keputusan CPNS dari Kemenpora.

Atlet paracycling Muhammad Fadli menjadi satu dari sederet atlet Indonesia yang mendapat tawaran menjadi abdi negara. Hal ini tidak terlepas setelah ia berhasil menorehkan prestasi gemilang pada ajang Asian Para Games 2019. Fadli yang tampil dalam nomor Men’s Individual Pursuit 4.000 meter sukses menyumbangkan medali emas untuk Indonesia. Prestasi inilah yang membuat Fadli mendapatkan Surat Keputusan CPNS dari Kemenpora.

Fadli mengungkapkan bahwa keinginan menjadi pegawai negeri sudah ada sejak dirinya masih aktif di dunia balap motor. Sampai pada akhirnya, ia berhasil mewujudkan impian tersebut setelah mengalami kecelakaan pada 2015 lalu yang merenggut kaki kirinya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini