Kenapa Ya, Restoran dan Hotel Lebih Banyak Koki Pria? Chef Gerry Punya Jawabannya

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 27 Agustus 2019 10:01 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 27 298 2097076 kenapa-ya-restoran-dan-hotel-lebih-banyak-koki-pria-chef-gerry-punya-jawabannya-Jb6o4DyAj3.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BILA dahulu memasak dianggap sebagai tugas yang hanya dilakukan perempuan, tampaknya stigma itu tidak berlaku lagi. Terbukti, banyak pria yang kini memiliki keahlian memasak dan menjadikannya sebagai pekerjaan.

Di Indonesia saja, sudah banyak chef pria yang unjuk gigi. Tidak jarang, para chef pria itu menjadi chef di hotel maupun restoran berbintang, bahkan menjadi head chef.

Bahkan, sangat jarang ditemui chef perempuan di hotel maupun restoran. Mengapa demikian? Okezone mencoba mencari tahu jawabannya kepada salah seorang chef, Gerry Girianza.

Menurut Chef Gerry, hal ini bukan hanya terjadi di Indonesia saja, tapi juga sudah menjadi isu global.

Tidak jarang, para chef pria itu menjadi chef di hotel maupun restoran berbintang, bahkan menjadi head chef.

"Hampir kebanyakan chef-chef di industri, hotel atau restoran, kebanyakan pria. Salah satu alasannya karena bekerjanya long hours dan harus angkat-angkat peralatan masak yang besar," ungkap Chef Gerry saat ditemui Okezone.

Akan tetapi, Chef Gerry mengatakan bila beberapa tahun terakhir sudah mulai banyak chef perempuan yang bisa mengatur chef pria. Dengan kata lain, head chef tak lagi didominasi oleh para pria. "Memang persentasenya enggak sebanyak chef pria, tapi ada," imbuhnya.

Chef Gerry mengatakan, sebenarnya yang dicari industri untuk chef tidak berdasarkan jenis kelamin. Walaupun dari segi biologis dibutuhkan head chef yang kondisi fisiknya benar-benar kuat saat berada di dapur.

Meski demikian, hal itu bukan hambatan bagi chef perempuan. Sebab, ada teknik-teknik yang bisa dilakukan dan chef perempuan mampu membuktikannya.

"Selama bisa kompeten dan bisa mengerjakan tugasnya dengan baik, atasan di hotel maupun restoran enggak melihat chef itu pria atau wanita. Selama dia bisa memanage bawahan, mendelegasikan tugas, dan poin-poin itu terpenuhi enggak ada halangan. Tapi memang kebanyakan chef cewek itu di pastry," pungkas Chef Gerry.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini