nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Resep Camilan Enak, Bikin Waffle Belgia ala Restoran di Rumah Yuk!

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 28 Agustus 2019 07:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 27 298 2097255 resep-camilan-enak-bikin-waffle-belgia-ala-restoran-di-rumah-yuk-nvdq0NFAkM.jpg Resep camilan enak, waffle belgia (Foto: Dailymeal)

SELAIN mengenyangkan dan mudah dibuat. Kini waffle bisa dibilang sudah menjadi satu jenis camilan enak sekaligus sarapan.

Selain itu, waffle juga cocok dijadikan camilan enak untuk sore hari atau ketika bersantai. Namun untuk menikmati waffle Anda tak harus pergi ke restoran karena biasanya harganya sama dengan makanan berat. Yuk bikin sendiri di rumah!

Waffle dari restoran favorit yang empuk di dalam namun renyah di bagian luarnya, seolah-olah susah untuk dibuat sendiri di rumah. Padahal dengan mengetahui triknya, membuat wafel Belgia sendiri di rumah ala restoran tidaklah sulit loh! Dengan beberapa rahasia, masak sendiri waffle Belgia ala restoran bisa dengan mudah dipraktekkan di rumah.

Waffle belgian

Seperti yang diungkapkan oleh Thomas Degeest, founder waffle truck populer dari New York, Wafels & Dinges. Aturan pertama agar bisa membuat wafel Belgia yang sempurna adalah dengan menghindari menggunakan adonan pancake.

“Rahasia pertama adalah jangan pakai adonan pancake, apalagi adonan pancake kemasan. Sebab sejatinya, adonan wafel itu harus dibuat dari awal,” jelas Thomas, sebagaimana dikutip Thedailymeal, Selasa (27/8/2019).

Agar camilan enak yang dibuat punya konsistensi yang berbeda dengan pancake, inilah mengapa kita wajib menggunakan tipe adonan yang berbeda. Jika bingung seperti apa resepnya, coba cari resep homemade waffles yang banyak tersebar di dunia mata. Tapi hindari resep, yang menganjurkan untuk memotong bagian sudut ujung waffle ya!

Lalu rahasia kedua ialah soal pemakaian butter, dalam membuat waffle Belgia, Thomas menyarankan untuk menggunakan banyak butter. Penggunaan butter yang banyak, dapat membuat waffle menjadi kaya akan cita rasa dan sangat lezat hasil akhirnya.

“Orang-orang biasanya takut memakai butter yang banyak, padahal inilah cara yang keliru,” imbuhnya.

Rahasia selanjutnya ialah perihal pemilihan bahan-bahan, pilihlah bahan-bahan yang berkualitas baik. Mulai dari tepung berkualitas tinggi, ekstrak vanila asli bukan yang buatan, dan juga gula berkualitas tinggi. Salah satunya bisa pilih pearl sugar, yang diketahui memiliki poin leleh tinggi sehingga tidak terbakar dan gosong ketika kita memasak waffle dengan suhu temperatur tinggi.

Waffle

Selain adonan dan kualitas bahan-bahan yang dipakai, trik penting lainnya adalah soal pemakaian alat. Hindari membeli mesin pembuat waffle murah yang tipis. Sebisa mungkin, cari mesin pembuat waffle dengan pelat besi cor tebal dan berat. Sebab semakin berat mesinnya, maka semakin baik kualitas mesin tersebut.

Sebaliknya, jika piringan mesin tipis maka kita tidak akan bisa mendapatkan transfer panas yang cukup ke dalam adonan dan waffle hasilnya tidak akan padat dan berwarna coklat keemasan.

Terakhir, saat menuangkan adonan waffle ke dalam pan pembuat waffle, pastikan dulu teflonnya  sudah panas dan siap digunakan. Jika sudah terdengar suara mendesis (sizzling) ketika adonan dituangkan ke dalam pan, ini artinya pan tersebut sudah betul-betul panas sempurna.

Nah, setelah mengetahui triknya. Berikut Okezone uraikan resep waffle Belgia, sebagaimana dikutip Tasteofhome.

Bahan-bahan;

2 cup tepung serbaguna;

3/4 gelas gula;

3 1/ 2 sendok teh baking powder;

2 telur, dipisahkan kuning dan putihnya;

1 1 /2 cangkir susu murni;

1 cangkir mentega, lelehkan;

1 sendok teh ekstrak vanila;

Irisan buah stroberi segar atau sirup;

 Waffle

Cara membuat;

1. Ambil wadah mangkuk, campur tepung, gula dan baking powder;

2. Ambil wadah mangkuk lain, kocok kuning telur dengan ringan. Tambahkan susu, mentega, dan vanila, campurkan hingga merata. Kocok putih telur sampai bentuk kaku menjadi adonan (ketika mangkuk dibalik, adonan putih telur tidak tumpah);

3. Panggang adonan wafel dalam mesin wafel besi (olesi dulu sebelumnya dengan margarin atau minyak) yang sudah dipanaskan sesuai dengan petunjuk sampai berwarna cokelat keemasan;

4. Sajikan dengan irisan buah stroberi atau lelehan sirup gula;

5. Voila! Waffle Belgia rumahan seperti keluaran restoran siap disantap.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini