nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Majalah Australia Salah Pajang Foto, Model Kulit Hitam Ini Kecewa Berat

Rabu 28 Agustus 2019 19:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 28 194 2097698 majalah-australia-salah-pajang-foto-model-kulit-hitam-ini-kecewa-berat-DroPsdaP8J.jpg Adut Akech model kulit hitam (Foto: Instagram)

SEORANG model kulit hitam mengaku kecewa atas sebuah artikel yang diterbitkan majalah Australia, WHO. Kejadian ini pun viral dan cukup menyita perhatian publik.

Peristiwa ini terungkap ketika sang model kulit hitam, Adut Akech mengunggah rasa kekecewaanya terhadap majalah tersebut melalui media sosial Instagram. Berbagai respon terus berdatangan dan terlihat dalam komentar tersebut.

Model kulit hitam

Masalah ini berawal dari kekeliruan majalah Australia yang memajang foto model kulit hitam lainĀ  di artikel yang mewawancarai Adut Akech. Model Australia berdarah Sudan ini mengatakan dia sangat dirugikan oleh kesalahan yang dilakukan majalah WHO dan menyebut "banyak hal yang harus dilakukan" oleh Australia. Sebab, dalam artikel itu, Adut membicarakan tentang rasialisme dan karirnya di dunia fesyen.

Majalah WHO mengeluarkan permintaan maaf, mengatakan bahwa pihaknya diberikan foto yang salah oleh agensi yang mengatur wawancara. Akech muncul di majalah tersebut menjelang Melbourne Fashion Week. Namun, majalah itu malah mencetak foto Flavia Lazarus, model lain yang muncul di acara itu.

Dalam wawancara itu, Akech yang berusia 19 tahun berbicara pandangannya tentang bagaimana orang melihat para pengungsi. Dia sendiri mengungsi dari Sudan Selatan ke Kenya, dimana dia tinggal di kamp pengungsi sebelum mencari suaka ke Australia pada 2008.

Adut Akech

Kepada setengah juta pengikutnya di Instagram, Akech mengatakan: "Ini hal yang besar karena apa yang aku bahas dalam wawancara saya. Dengan adanya insiden ini, saya merasa dikalahkan atas tujuan dari apa yang saya perjuangkan dan bicarakan".

Dia menambahkan bahwa dia ingin insiden ini menjadi "panggilan untuk sadar bagi orang-orang yang ada di industri".

Majalah WHO mengatakan telah berbicara dengan Akech secara langsung meminta maaf dan menjelaskan bagaimana kesalahan terjadi. Melbourne Fashion Week juga menerbitkan permintaan maaf di akun Instagramnya, menyebut: "Kami sangat kecewa bahwa foto dari Adut tertukar dengan foto model kampanye kami, Flavia Lazarus."

Adut Akech

"Kedua model telah menyatakan kekecewaannya dan kami mendukung mereka. Kesalahan ini tidak dapat diterima dan baik majalah WHO dan agensi PR kami, OPR, telah meminta maaf."

OPR mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dikutip oleh ABC: "Kesalahan itu bersifat administratif dan tidak disengaja dan kami dengan tulus meminta maaf atas kesalahan ini dan segala kekesalan yang disebabkan terhadap para model yang terlibat dan klien kami kota Melbourne." demikian seperti dikutip BBC Indonesia.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini