nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kenali 5 Motif Batik dari Kalimantan Timur, Ibu Kota Baru Indonesia

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 28 Agustus 2019 20:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 28 194 2097846 kenali-5-motif-batik-dari-kalimantan-timur-ibu-kota-baru-indonesia-hu5JAwGA3T.jpg Batik Kalimantan (Foto: kutaitimurkab)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menetapkan ibu kota Indonesia akan pindah ke Kalimantan Timur, tepatnya di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara. Keputusan ini tentu memunculkan perdebatan di sejumlah pihak. Tapi mungkin ada pula pihak-pihak yang penasaran dengan wujud ibu kota baru.

Kali ini Okezone akan membahas seputar kebudayaan di Kalimantan Timur. Salah satunya adalah batik. Ya, batik memang bukan hanya di Pulau Jawa saja. Di ibu kota baru juga ada ragam batik yang memiliki motif dan daya tarik tersendiri.

Merangkum berbagai sumber, Rabu (28/8/2019), batik Kalimantan Timur memiliki ciri khas dari warnanya yang menggunakan pewarna alam. Bahannya bermacam-macam, ada yang terbuat dari sutra, semi sutra, serat sutra, serat nanas, katun, dan doby atau ulap doyo. Motif-motifnya juga beragam.

Motif-motif batik Kalimantan Timur biasanya dimodifikasi oleh para pengrajin sehingga terlihat indah dan lebih modern. Akan tetapi, tetap ada ciri khas tersendiri seperti penggunaan warna yang berani namun tetap enak dipandang. Warna-warna yang biasanya digunakan antara lain hijau, pink, orange, dan merah.

Selain itu, motif batik Kalimantan Timur juga sangat dipengaruhi oleh budaya. Sebagian besar berasal dari suku Dayak. Tapi ada pula yang dipengaruhi oleh suku Kutai dan Bugis. Lantas, apa sajakah motif batik yang ada di sana? Berikut ulasan dari beberapa motif.

1. Motif batang garing

 Batik

(Foto: Kutaitimurkab)

Motif batik ibu kota baru ini berasal dari Suku Dayak dan menjadi simbol pohon kehidupan.

2. Motif mandau

Batik

(Foto: Borneon.id)

Masih dari suku Dayak, motif batik mandau adalah senjata khas suku Dayak.

3. Motif burung enggau

 Batik

(Foto: infobatik)

Kali ini motif batik berkaitan dengan fauna yang ada di Kalimantan dan menjadi ciri khas yaitu burung enggau.

4. Motif batik shaho

 Batik

(Foto: batik_shahokaltim/Instagram)

Salah satu batik yang terkenal dari Kalimantan Timur adalah batik shaho. Batik ini memiliki motif yang mengadopsi berbagai ukiran dan lukisan suku Dayak. Bentuk dasarnya melengkung karena terinspirasi dari liukan akar dan ranting pohon, spiral, lingkaran, serta patung manusia.

5. Motif batik Kabupaten Kutai Timur

 Batik

(Foto: Kebopotamus)

Terakhir ada batik dari Kabupaten Kutai Timur yang memiliki motif pakis, anggrek hitam, klubut, akaroros, burung enggang, burung mbui dan beringin duduk. Ada juga batik Dayak Basap yang memiliki motif Akaroros alias akar jatuh.

1
3

Berita Terkait

Kalimantan Timur

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini