nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jalan-Jalan ke Semarang, Coba Mampir ke 5 Tempat Keren Ini

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 28 Agustus 2019 11:37 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 28 406 2097591 jalan-jalan-ke-semarang-coba-mampir-ke-5-tempat-keren-ini-mgb1q4RQwO.jpg Semarang. (Foto: Instagram/@seputarsemarang)

BERLIBUR memang diperlukan untuk menghilangkan frustrasi, dan juga menjadi salah satu investasi. Nah, salah satu kota yang memiliki pariwisata yang cukup menarik adalah Semarang.

Semarang, yang juga dijuluki Kota Lumpia, memiliki beberapa destinasi yang layak dikunjungi. Terlebih, baru-baru ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan penataan Kawasan Kota Lama Semarang (KKLS) tahap I.

Banyak spot yang penuh sejarah, bisa dikunjungi di tempat ini. Merangkum dari berbagai sumber, Okezeone akan membagikan beberapa destinasi menarik yang wajib Anda kunjungi di Kota Lama, Semarang.

Gereja Blendok

Gereja ini memiliki kubah yang berbentuk unik seperti kubah Gereja St Peters Basilica di Roma. Lokasi gereja ini ada di sisi selatan Taman Srigunting. Gereja ini adalah GPIB Immanuel, yang berdiri di tanah seluar 400 meter persegi dan menjadi salah satu gereja tertua di Jawa Tengah.

Taman Srigunting

Taman yang terletak di tengah kawasan Kota Lama ini menjadi salah satu spot yang wajib Anda kunjungi apabila datang ke Semarang. Tersedia berbagai spot berfoto yang Instagramable dengan nuansa bangunan-bangunan khas Eropa yang ada di sekitarnya.

5 spot yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Semarang.

Pabrik Rokok Praoe Lajar

Tempat ini terletak di kawasan Polder. Bangunan ini menghadirkan nuansa belanda yang sangat kental dan terlihat sangat antik. Alhasil tempat ini bisa menjadi salah satu spot berfoto yang sangat Instagramable.

Masjid Layur

View this post on Instagram

MASJID LAYUR Masjid yg dikenal dengan nama Masjid Menara Kampung Melayu merupakan salah satu Masjid tertua di Semarang, didirikan sekitar tahun 1802 oleh saudagar dari Yaman Masjid ini terletak di pemukiman yg didiami etnis Melayu, menghadap Kali Berok (sodetan Kali Semarang) yg pada masanya merupakan lalu lintas utama perdagangan di Semarang Pada awalnya masjid ini terdiri dari 2 lantai, karena rob terus-terusan menerjang mengakibatkan lantai dasar dipenuhi endapan sedimentasi, akhirnya lantai dasar ini diurug dan dipasang lantai keramik, konstruksi dari kayu jati yg kerap terendam air juga diganti dengan beton. Meski terlihat sederhana -masjid ini merupakan perpaduan bangunan bergaya Timur Tengah dan Jawa. Gaya Timur Tengah terlihat dari menara yg berdiri kokoh di samping pintu gerbang masjid, nuansa Jawa terlihat dari atap masjid yg berbentuk tajuk bersusun 3, sedangkan dinding dihiasi ornamen bermotif geometrik. . . . #masjidlayur #masjidlayursemarang #masjidmenara #masjidmenarakampungmelayu #masjid #masjidtua #mosque #oldmosque #menaramasjid #minaret #semarangheritage #exploresemarang #heritagebuildings #saveheritagebuildings #myheritagetrip

A post shared by n o v a n a (@novana29) on

Jika sebelumnya terdapat gereja bersejarah di kawasan Kota Lama, Semarang, maka ada pula sebuah masjid bersejarah bernama Masjid Layur. Masjid ini memiliki arsitektur bernuansa timur tengah perpaduan antara Melayu, Jawa dan Arab. Terdapat sebuah Menara yang sangat mencerminkan bangunan khas Timur Tengah.

Gedung Marba

Gedung Marba adalah salah satu spot yang paling disukai untuk berfoto. Bangunan ini diperkirakan dibangun pada abad ke-19 yang berfungsi sebagai kantor usaha pelayaran. Sayangnya, saat ini bangunan bersejarah tersebut hanya digunakan sebagai gudang.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini