nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sakit Kepala 30 Tahun, Ternyata Ada Cacing Nyangkut di Otak Pria Ini

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 28 Agustus 2019 15:22 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 28 481 2097700 sakit-kepala-30-tahun-ternyata-ada-cacing-nyangkut-di-otak-pria-ini-tzCRCoztKg.jpg Ilustrasi (Foto: Medicalnewstoday)

Sakit kepala memang kadang diabaikan begitu saja, karena dianggap tidak berbahaya. Tapi apa jadinya jika sakit kepala yang dialami ini tidak biasa, karena terjadi dalam kurun waktu puluhan tahun?

Inilah yang dialami oleh seorang pria berusia 59 tahun di China, bernama Zhang. Ia mengalami sakit kepala terus-menerus selama 30 tahun lamanya, yaitu sejak dirinya berusia 20-an.

Sebagaimana diwarta Odditycentral, Rabu (28/8/2019) Zhang, pertama kali mulai mengalami sakit kepala dan kejang yang menyiksa pada tahun 1989. Kala itu ia tengah asyik bermain kartu dengan teman-temannya, saat tiba-tiba lengan dan kakinya mulai bergerak sendiri kemudian berlanjut busa keluar dari mulutnya, hingga akhirnya Zhang kehilangan kesadaran.

 Gambar x ray

Keluarga Zhang yang khawatir pun, segera membawanya ke rumah sakit di Guangzhou . Di rumah sakit, ia didiagnosis menderita epilepsi dan diresepkan obat anti-epilepsi. Namun meskipun sudah mengonsumsi obat-obatan secara teratur selama 30 tahun terakhir, nyatanya Zhang disebutkan sesekali masih suka mengalami kejang dan pingsan disertai dengan sakit kepala.

Merasa putus asa untuk membuat rasa sakit kepala dan kejangnya berhenti, Zhang akhirnya memutuskan untuk mengunjungi beberapa dokter dan rumah sakit. Namun jawabannya tetaplah sama, ia dinyatakan menderita epilepsi.

Tapi akhirnya, ada seorang dokter di rumah sakit di Guangzhou yang menginstruksikan Zhang untuk melakukan pemindaian MRI pada tengkoraknya. Dengan pemeriksaan MRI inilah akhirnya, dokter menemukan ada lesi aneh di lobus frontal kanan pria itu.

 Meteran di atas kain

Tes darah juga menunjukkan adanya parasit di dalam tubuh. Barulah setelah itu ditemukan ada seekor cacing sepanjang 10 sentimeter ditemukan di dalam otak Zhang.

Setelah penemuan cacing 10 sentimeter di dalam otaknya, Zhang pun segera dijadwalkan menjalani tindakan operasi darurat.

Para ahli bedah saraf di Rumah Sakit 999 Brain pun melakukan reseksi lobus frontal kanan dan berhasil menghilangkan cacing parasit sepanjang 10 sentimeter dari otak Zhang.

Sementara itu, dari penjelasan dokter Yan Xueqiang, kepala dokter departemen bedah saraf, bahwa minum air sungai segar atau makan makhluk hidup yang kurang matang seperti katak atau ular memang dapat menyebabkan infeksi parasit.

Di sisi lain, Zhang, yang memang berasal dari desa pegunungan, mengakui bahwa minum air sungai dan makan katak adalah suatu kebiasaan yang umum di lingkungan komunitasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini