nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Celana Jeans Ramah Lingkungan dan Referensi Tampilan Kece untuk Milenial

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 29 Agustus 2019 19:21 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 29 194 2098283 mengenal-celana-jeans-ramah-lingkungan-dan-referensi-tampilan-kece-untuk-milenial-cWNJGSBGCP.jpeg Ilustrasi bergaya dengan jeans (Foto: Sukardi/Okezone)

Semakin ke sini, semakin banyak produsen fashion, termasuk celana jeans yang berkiblat pada produksi ramah lingkungan atau yang biasa disebut dengan 'Sustainability Fashion'. Upaya ini dimasifkan produsen mode dunia dan menjadi gerakan yang diharapkan bisa berdampak besar pada sosial.

Jika kita lihat desainer tanah air yang sudah mulai melakukan gerakan ini ialah Toton dengan memproduksi ulang bahan-bahan yang tak terpakai menjadi dress modern atau juga Deden Siswanto yang lebih fokus pada penggunaan patch jeans bekas rumah produksi celana jeans di Bandung.

 Laki-laki dan perempuan

Selain dua brand itu, di London sendiri sejatinya ada satu brand fashion yang juga menggiatkan gerakan ramah lingkungan ini. Adalah Pepe Jeans, yang dengan berani mencipta jeans dengan teknik produksi ramah lingkungan.

Dijelaskan Brand Manager Pepe Jeans Indonesia Lily Marpaung Sambuaga, jeans ramah lingkungan yang diciptakan memang berkaitan dengan gerakan masif kebanyakan rumah mode dunia. Makin ke sini semakin banyak produk fashion yang diciptakan dengan konsep ramah lingkungan.

"Kita sebagai pelaku dunia fashion melihat kalau isu ini menjadi tanggung jawab kita semua dan siapa bilang jeans tak bisa berkontribusi dalam gerakan dunia ini," paparnya pada Okezone, Kamis (29/8/2019).

 Laki-laki dan perempuan

Lily melanjutkan, untuk menciptakan jeans ramah lingkungan, ada dua poin utama yang menjadi pusat perhatian. Hal pertama adalah penggunaan air yang sedikit dalam proses pencucian celana dan hal lainnya adalah penggunaan batu yang disebut dengan pumice stone dan bahan-bahan kimia tertentu untuk menciptakan struktur celana jeans yang sangat khas.

Jadi, lanjut Lily, dalam proses memproduksi celana jeans itu, penggunaan air sangat banyak dan di Pepe Jeans tindakan itu dikurangi.

"Untuk kondisi celana jeans dengan struktur yang khas, kita akhirnya ganti menggunakan ozone alami serta penggunaan teknik laser khas yang akhirnya menciptakan celana jeans yang tak jauh berbeda dengan yang diproduksi secara kimiawi," sambungnya.

 

Styling dengan Jeans Sustainability

 Perempuan pakai jeans

Karena kualitas jeans ramah lingkungan tak jauh berbeda dengan jeans pada umumnya, penggunaannya pun tidak berubah. Item fashion ini tetap menjadi salah satu andalan yang bisa di-mix and match supaya mencipta tampilan yang menggambarkan diri Anda.

Nah, dalam kesempatan yang sama, Okezone juga mencoba menciptakan referensi dua gaya yang cukup keren jika Anda tertarik untuk menggunakan celana jeans ramah lingkungan. Seperti apa?

Gaya perempuan

 Perempuan pakai jeans

Untuk tampilan casual-chic, Anda bisa mengandalkan jeans high waist yang kini sedang on point. Jeans jenis ini memberi kesempatan pada tubuh Anda, khususnya kaki agar terlihat lebih panjang. Selain itu, bagian perut juga bisa terkamuflase karena perhatian secara keseluruhan pada jenjangnya kaki Anda.

Celana jenis ini bisa Anda padukan dengan casual t-shirt dengan aneka desain. Untuk Anda yang ingin tampilan lebih edgy, bisa menambahkan jaket jeans dengan warna yang lebih gelap.

 

Gaya laki-laki

 Laki-laki pakai jeans

Pada tampilan laki-laki, Anda bisa memadukan jeans sustainability reguler dengan atasan bergaya beach-looks. Ini dapat dimunculkan dengan penggunaan t-shirt bermotif yang dipadukan dengan shirt yang menonjolkan motif 'summer vibes'. Celana jeans jenis ini membuat pemakaiannya leluasa dalam bergaya dan tentunya nyaman dikenakan di bawah sinar matahari langsung.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini