nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Potret Artis Cantik yang Ikut Ritual Mandi Suci di Bali

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 30 Agustus 2019 03:27 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 29 406 2098341 5-potret-artis-cantik-yang-ikut-ritual-mandi-suci-di-bali-XEjOQhldha.jpg Mandi Suci di Bali. (Foto: Instagram/@aurakasih)

BUKAN cuma Cinta Laura yang menjalani ritual melukat di Bali, beberapa artis cantik lainnya pun mengalami hal sama. Di Bali mereka menenangkan diri, sembari menikmati suasana syahdu khas Pulau Dewata yang beda banget.

Mulai dari Cita Citata, Aura Kasih, Nora Alexandra hingga Tamara Bleszynski pun pernah menjalani ritual melukat. Mereka pun tak melewatkan mandi di bawah mata air suci.

Okezone pun mengulas lima artis cantik yang pernah melukat di Bali.

Aura Kasih

Di Pura Tirta Empul, Aura Kasih mandi suci di bawah mata air. Dia mengenakan t-shirt hitam dengan sarung Bali, mandi basah-basahan di dalam kolam. Aura Kasih melakukannya saat sebelum menikah. Dia pun tampak rileks setelah berendam di dalam kolam suci itu.

Cita Citata

Pedangdut cantik ini juga mencoba melakukan tradisi melukat. Dia melakukan tradisi ini semata hanya untuk saling menghargai kebudayaan di Bali. Mengenakan blouse putih dengan sarung Bali, Cita Citata pun dibasuh air suci oleh pemuka agama Hindu. Dia pun mengatupkan kedua tangannya sambil memejamkan mata. Sakral banget ya!

Nora Alexandra

View this post on Instagram

Melukat merupakan bagian dari pelaksaan upacara Manusa Yadnya, yang memiliki tujuan untuk membersihkan dan menyucikan pribadi secara lahir dan batin. Yang dibersihkan ialah hal negatif dan malapetaka yang diperoleh dari dosa-dosa baik berasal dari sisa perbuatan terdahulu atau Sancita Karmaphala maupun dari perbuatan hidup saat ini. Pengertian Melukat Melukat berasal dari kata “lukat” dalam Bahasa Kawi-Bali berarti bersihin, ngicalang. Jika dalam Kamus Bahasa Indonesia kata “lukat” berarti melepaskan (tentang barang yang dilekatkan). Kemudian mendapat awalan “me” menjadi melukat yang diartikan melakukan suatu pekerjaan untuk melepaskan sesuatu yang melekat dinilai kurang baik melalui upacara keagamaan secara lahir dan batin. Dalam Pustaka Suci “Manawa Dharma Sastra” Bab V sloka 109, dinyatakan sebagai berikut : Adbhir gatrani cuddhyanti manah satyena cuddhyti,cidyatapobhyam buddhir jnanena cuddhyatir Artinya : Tubuh dibersihkan dengan air, pikiran dibersihkan dengan kejujuran, roh dengan ilmu dan tapa, akal dibresihkan dengan kebijaksanaan.

A post shared by Noraalexandra Philip (@ncdpapl) on

Mengenakan kebaya dan sarung khas Bali, Nora Alexandra pun melakukan tradisi melukat. Gayanya seksi nih saat dia mandi suci di mata air. Menjadi calon istri Jerinx SID, Nora Alexandra pun mempelajari ritual khas Bali. Dalam caption fotonya bahkan dia membeberkan makna melukat yang sesungguhnya.

"Melukat merupakan bagian dari pelaksanaan upacara Manusa Yadnya, yang memiliki tujuan untuk membersihkan dan menyucikan pribadi secara lahir dan batin. Yang dibersihkan ialah hal negatif dan malapetaka yang diperoleh dari dosa-dosa baik berasal dari sisa perbuatan terdahulu atau Sancita Karmaphala maupun dari perbuatan hidup saat ini," ucapnya lewat Instagram pribadinya @ncdpapl.

Tamara Bleszynski

Artis cantik 44 tahun ini juga menyempatkan melukat di Pura Tirta Empul. Tak sendirian, dia pun mandi bareng banyak perempuan Bali satu kolam. Gayanya cantik mengenakan t-shirt putih dan sarung Bali. Senyumnya manis saat masuk ke dalam kolam suci.

Cinta Laura

Pesona Cinta Laura tambah memikat saat dirinya berendam di dalam kolam Tirta Empul. Siapa pun pasti terpikat melihat pesonanya. Wajahnya pun cerah, bahkan ada Netizen yang bikin gagal fokus. Di kolom komentar, banyak Netizen yang menilai kalau Cinta Laura mirip Angelina Jolie. Setuju enggak?

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini