nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Bijak Chef Arnold Tanggapi Komentar Rasis, Netizen: Lempar Penggorengan Aja

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 29 Agustus 2019 13:32 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 29 612 2098101 cara-bijak-chef-arnold-tanggapi-komentar-rasis-netizen-lempar-penggorengan-aja-fCu1OQYv2Q.jpg Chef Arnold. (Foto: Instagram)

SELAIN urusan masakan, Chef Arnold Poernomo juga pandai menanggapi komentar-komentar nyinyir para netizen Indonesia. Belum lama ini, ia kembali menyentil seorang netizen yang melontarkan sebuah pertanyaan sensitif di Twitter.

Kejadian tersebut bermula ketika Chef Arnold mengunggah sebuah foto yang tampaknya diabadikan di Changi Airport, Singapore. Pada foto itu, Arnold tidak datang sendirian. Ia ditemani sang istri tercinta Tiffany Soetanto, dan putra pertamanya Arthur Miles Poernomo.

"SANG!!! Kog ga dijemput maneh????? @kaesangp," tulis Chef Arnold pada keterangan foto.

Unggahan itu rupanya menarik perhatian para netizen. Namun, ada salah satu netizen yang melemparkan sebuah pertanyaan sensitif, meski maksud awalnya hanya untuk bercanda.

"Chef, caranya jadi Chinese gmn," tulis akun @nawarinauy.

Menanggapi pertanyaan tersebut, Arnold menjelaskan secara singkat tentang silsilah keluarga yang membuatnya memiliki wajah oriental. Arnold tidak memungkiri bahwa dirinya memang lahir dalam keturunan keluarga berdarah Tionghoa.

Namun, ia menambahkan sebuah pernyataan yang berhasil simpati para netizen Indonesia.

"Tolong dibantu teman kita yang arahannya kurang jelas...coba ada yg bisa jawab? Walaupun nenek moyang saya Chinese, saya lahir di Indonesia saja masih bingung gimana caranya ga di panggil Cina. Pdahal mandarin ora iso," jawab Chef Arnold.

Cuitan Arnold itu berhasil menarik simpati para netizen Indonesia. Namun tak sedikit pula yang memberikan komentar tanpa mengetahui bahwa persoalan ini bisa mengarah ke isu rasisme.

"Suruh tanya langsung pada Tuhan aja chef...wong pas dititiske ke dalam perut aja gak boleh nawar dan minta kog lahir di negara mna dan dalam rahim sopo," tulis akun @PurwonoAgus2.

"Yg rasis gtuh cuekin aja sih..masa mau lahir aja milih...emg lu kenal ama orang dalem SDMnya Tuhan?? Gila kurasa..," tulis akun @c4rolus_black.

"Lempar aja pake penggorengan panci baskom dll biar kapok," tulis akun @wahyu493.

"Oseng aja chef amandelnya," tulis akun @ArgentNeo.

Ada juga netizen yang enggan memberikan komentar karena tidak ingin memperkeruh suasana. Ia pun hanya mengunggah sebuah meme yang dikutip dari salah satu cuitan Menteri Susi Pudjiastuti.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini