Mengulik Keris Tilam Upih Favorit Mbah Mijan, Pusaka dari Abad 17

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 29 Agustus 2019 20:10 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 29 612 2098170 mengulik-keris-tilam-upih-favorit-mbah-mijan-pusaka-dari-abad-17-gue5WbQ153.jpg Keris Mbah Mijan dibuat sejak abad ke-17 (Foto: Instagram)

SALAH satu benda pusaka yang tidak bisa dipisahkan dalam dunia spiritual adalah keris. Bahkan beberapa ahli spiritual sengaja mengoleksi benda pusaka yang terbuat dari besi baja tersebut, termasuk Mbah Mijan.

Mbah Mijan mengatakan bahwa di dalam rumahnya terdapat 7 benda pusaka berupa keris. Satu keris berasal dari leluhur yang diwariskan secara turun temurun, 3 keris merupakan titipan Kertasuro dan sisanya berasal dari penarikan.

Meski memiliki koleksi keris, namun Mbah Mijan mengaku bukanlah orang yang hobi terhadap benda pusaka. Ia mengatakan dari ke-7 koleksinya itu, ada satu keris yang menjadi favoritnya. Keris tersebut bernama 'Tilam Upih' yang berbentuk cukup besar dan lurus.

 Keris favorit Mbah Mijan

"Mbah sendiri bukan orang yang hobby terhadap benda pusaka. Tidak banyak koleksi tapi keris Favorit mbah adalah keris "Tilam Upih". Keris Pusaka Tilam Upih yang Mbah miliki luk lurus, tangguh Tuban Mataram, pamor Wengkon Isen, berfungsi sebagai induk segala keris dan penentram rumah tangga," terang Mbah Mijan, saat dihubungi Okezone, Kamis (29/8/2019).

Lebih lanjut, Mbah Mijan pun menceritakan sedikit sejarah mengenai keris yang menjadi favoritnya tersebut. 'Tilam Upih' kabarnya telah dibuat sejak abad ke-17 yang berarti telah berusia sekira 400 tahun. Menurut ahli keris, pusaka ini pernah dipegang oleh Ronggo Lawe.

Sebagaimana diketahui, Ronggo Lawe atau biasa disebut Rangga Lawe adalah pengikut Raden Wijaya yang berjasa dalam mendirikan kerajaan Majapahit. Sosok beliau cukup terkenal dan dikenal sebagai pahlawan bagi masyarakat Tuban. Sejarah panjang dan beberapa hal istimewa tersebutlah yang membuat 'Tilam Upih' menjadi benda kesayangan Mbah Mijan.

 Keris favorit Mbah Mijan

"Keris ini dibuat pada abad ke - 17 (400 tahun silam) , menurut ahli, keris ini pernah dipegang oleh Ronggo Lawe, ini warisan luar biasa. Tidak semua keris memiliki penunggu, sebab ada keris yang dibuat khusus untuk pusaka dan dibuat hanya untuk hiasan. Soal Penunggu menjadi alasan terakhir, mereka juga sama seperti kita, senang dengan tempat yang bersih dan nyaman," lanjutnya.

Mbah Mijan juga mengatakan bahwa keris kesayangannya tersebut memiliki penunggu di dalamnya. Penunggunya adalah sepasang jin suami istri. Bahkan, sang istri pun pernah merasakan aura mistis dari keris 'Tilam Upih' yang menjadi kesayangan Mbah Mijan tersebut.

"Keris Tilam Upih yang Mbah miliki, penunggunya sepasang jin suami istri. Suatu hari, malam jumat di bulan Suro tahun lalu, istri pernah mendengar suara gaduh di lemari tempat Mbah menyimpan keris keris itu. Nah, saat tidur, istri bermimpi didatangi oleh sepasang kakek nenek berpakaian ala keraton serta mengenakan mahkota emas di kepalanya," sambungnya.

 Keris favorit Mbah Mijan

Meski terlihat menyeramkan karena memiliki nilai magis yang tinggi, namun Mbah Mijan tidak takut dan merasa sangat bersyukur dapat menjadi orang yang bisa merawat keris pusaka yang merupakan warisan leluhur.

"Mbah merasa sangat bersyukur, menjadi bagian perawat dan pelestari warisan leluhur. Ada ratusan juta penduduk Indonesia, menjadi salah satu yang memegang benda pusaka milik Ronggo Lawe, itu kebanggaan tersendiri," tuntasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini