nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Modernisasi The Amish di Balik Karya Haute Couture Hian Tjen

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 30 Agustus 2019 19:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 30 194 2098731 modernisasi-the-amish-di-balik-karya-haute-couture-hian-tjen-cTljM3E3WU.jpg Koleksi Hian Tjen. (Foto: Okezone)

KESEDERHANAAN komunitas Amish menjadi nilai lebih di mata desainer Hian Tjen. Dia pun mengangkat sisi lembut dan sederhana kelompok Amish dan dituangkan dalam koleksi haute couture bertajuk 'Perfect10n'.

Bicara mengenai kelompok Amish, maka kita akan dibawa ke peradaban tempo dulu, dengan detail pakaian menjadi poin utama. Bagaimana rajutan dibentuk, statement diciptakan, dan korset sebagai nilai yang tak bisa dilepaskan dari pakaian kelompok Amish ini.

Namun Hian Tjen punya cerita sendiri dalam koleksinya ini. Dia tak ingin menghadirkan koleksi couture sederhana. Konsep utama pakaian tradisional Amish menjadi poinnya, namun modernisasi dan sentuhan tangan khas Hian Tjen pun memperkuat koleksi yang ditunjukan dalam show tunggal di Hotel Raffles Jakarta Selatan.

Hian Tjen pun memperkuat koleksi yang ditunjukan dalam show tunggal di Hotel Raffles Jakarta Selatan.

Dalam pagelaran tersebut, banyak koleksi bermain di warna warm-earth dengan sentuhan detail yang sekali lagi menjadi kekhasan pakaian tradisional Amish ini. Kesan elegan dalam modern-way yang disuguhkan Hian Tjen terlukis indah.

Detail pakaian yang coba ditonjolkan Hian Tjen di koleksi ini, banyak terilhami dari spirit era 1600 hingga 1800-an. Embroidery yang banyak terfokus pada alam dan hewan-hewan yang hidup di hutan membuat kesan manis sekaligus penuh sejarah.

Alam memang menjadi hal yang tak bisa dipisahkan dari komunitas Amish ini. Sebab, mereka percaya kalau Tuhan telah memerintah mereka untuk merawat dan menyuburkan tanah bumi ini. Itu kenapa, pakaian mereka juga sangat terilhami alam dan banyak detail memperlihatkan keindahan alam itu sendiri.

Itu kenapa, pakaian mereka juga sangat terilhami alam dan banyak detail memperlihatkan keindahan alam itu sendiri.

Klasik detail yang disuguhkan Hian Tjen di koleksi ini banyak me-remarkable quilting detail dan pola bunga-bunga klasik pun memberi kelembutan yang tak berlebihan. Simbol-simbol klasik pun dibagikan Hian Tjen di setiap koleksinya.

Hian Tjen mengeluarkan koleksi super seksi dengan siluet swim-wear yang dipadukan dengan long outer full of embroidery classic. Aksesori topi khas Amish pun menambah kesan dramatis di show koleksi 2019 tersebut.

"Setiap bagian dalam koleksi ini disulam dengan motif bunga yang meniliki variasi dan kekhasan tersendiri. Teknik rajut handmade dan manik-manik yang dipakai memberi sentuhan artisik dan kreatif di koleksi kali ini," tulis Hian Tjen di media sosialnya.

Penggunaan tulle di bagian pundak pun tak lupa diselipkan sebagai bentuk modernisasi klasik yang indah.

Kesan vintage pun sangat terasa di koleksi ini, terlihat dari double layered cloud of tulle yang dikemas sedemikian rupa dengan sentuhan modern dan detail klasik. Desain tersebut membuat koleksi ini terlihat vintage namun dengan napas kekinian.

Di beberapa koleksi, Anda juga akan dimanjakan dengan penggunaan aksen puffy hand gown yang dipadukan dengan korset beraneka rupa. Penggunaan tulle di bagian pundak pun tak lupa diselipkan sebagai bentuk modernisasi klasik yang indah.

Namun, di beberapa koleksi Hian Tjen seperti terlalu banyak berpetualang sehingga lepas dari tema utama Amish itu sendiri. Gaun yang tercipta terlalu modern, dan nyawa Amish-nya pun semacam hilang. Penggunaan manik-manik yang terlalu kompleks pun menjadikan gaun tersebut terlihat terlalu modern. Namun, meski begitu koleksi 'Perfect10n' ini tetap memesona.

Terlebih, jika kita bicara mengenai detail aksesori yang dikenakan dalam fashion show kali ini. Di mana, kita bisa melihat setiap model bergaya klasik dengan rambut terikat kencang dan yang menjadi menarik, ikatan itu terbuat dari benang putih. Tidak hanya itu, penggunaan topi khas Amish pun memperkuat tema utama Hian Tjen ini.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini