nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemilihan Nama Anak Berpengaruh pada Tumbuh Kembangnya?

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Sabtu 31 Agustus 2019 19:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 31 196 2099056 pemilihan-nama-anak-berpengaruh-pada-tumbuh-kembangnya-VQhGCbeNt9.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Setiap orangtua tentu ingin memberikan nama anak yang baik dan indah. Karena nama juga merupakan doa dan harapan orangtua pada hidup anak.

Memiliki anak yang sehat, cerdas, dan selalu ceria tentu menjadi dambaan setiap orangtua. Begitu pula dengan keinginan memiliki anak yang cakap secara emosional, intelektual, dan spiritual. Namun benarkah tumbuh kembang si kecil bisa dipengaruhi oleh nama anak?

Menurut ahli Restruktur Nama, Ni Kadek Hellen Kristy Winatasari, nama yang disematkan pada anak merupakan doa, harapan, dan impian orangtua untuk masa depan si anak. Karena itu, banyak orang yang tidak menamai anak-anaknya dengan asal.

 Ibu dan anak

"Jika anak sejak dini memiliki nama yang harmonis, sesuai, bagus, dan baik maka dia bisa mengatur emosi, lebih mudah diarahkan, problem solving lebih baik dan cepat," ujar perempuan yang akrab disapa Heleni ini.

Sebaliknya, jika nama anak kurang harmonis, mereka dapat mudah menangis, tantrum, hiperaktif, lesu, sulit diarahkan, kurang termotivasi, hingga mudah sakit.

Menurut Heleni, disadari atau tidak sebenarnya setiap orang akan terdorong untuk memenuhi citra yang terkandung dalam namanya. Nama yang baik pada anak akan membentuk citra diri positif dan sebaliknya.

"Misalnya jika anak lelaki yang dinamai dengan nama yang mirip anak perempuan, maka hal itu akan memicu problem perilaku pada kehidupannya," lanjutnya.

Ia juga mengatakan bahwa dari nama dapat dilihat berbagai aspek kehidupan seperti kesehatan, kepribadian, tingkat emosi, dan pengalaman atau tantangan hidup seseorang.

Bagi yang ingin mengganti nama anak agar lebih harmonis, Heleni mengatakan bisa dilakukan tanpa harus mengganti nama yang tertera di akte kelahiran atau proses yang terkait dengan administrasi.

"Cukup dengan menginstal nama baru anak Anda ke alam bawah sadar. Hal tersebut akan berpengaruh lebih kuat pada kehidupan anak Anda yang lebih harmonis," tutup Heleni.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini