nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Serunya Anak-Anak Down Syndrome Masak Bareng Kerenina Sunny

Dewi Kania, Jurnalis · Sabtu 31 Agustus 2019 15:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 31 298 2098997 serunya-anak-anak-down-syndrome-masak-bareng-karenina-sunny-kscGYxn7t8.jpg Anak-anak down syndrome belajar memasak (Foto: Dewi/Okezone)

Anak down syndrome rupanya punya bakat terpendam di dunia masak. Buktinya mereka sangat antusias saat mengikuti lomba masak.

Sebanyak 50 anak disabilitas dan down syndrome dari Special Olympics Indonesia ikut masak bareng Oxone. Suasana station jadi riuh, namun tetap rapi. Serunya lagi mereka masak didampingi Chef Desy Trisnawati dan Kerenina Sunny.

 Chef memasak

Menu masakan yang dipilih pun mudah, mereka diajak mengolah bento ayam teriyaki dan telur dadar. Mereka sangat mendengar arahan chef selama memasak.

Dengan sikap khasnya, saat memasak mereka sangat ceria. Rasa percaya dirinya pun tinggi, sehingga patut diapresiasi.

Perwakilan Oxone Yennie Kusuma mengatakan, walau hidup dengan keterbatasan, saat diajari memasak ternyata anak-anak down syndrome ini paham. Karenanya, mereka diberikan kesempatan untuk mengeksplorasi dunia masak, bersenang-senang, serta bisa berkenalan satu sama lain.

 Perempuan memasak

"Selama setahun belakangan, kita dapat kesempatan untuk lebih dekat dengan anak down syndrome. Kami bisa belajar lebih dalam mengenal sifat mereka. Sementara orang lain, mikirnya mereka tidak bisa apa-apa. Makanya kami berikan keterampilan agar lebih menjadi independen," ucap Yenny di sela acara Special Family Day di Universitas Tarumanegara, Grogol, Jakarta Barat, Sabtu (31/8/2019).

Yenny menambahkan, potensi anak disabilitas saat memasak atau baking ini lumayan besar. Di luar acara, anak-anak ini juga memberikan pelatihan memasak.

Dari beberapa anak down syndrome, potensi memasak atau baking terlihat menonjol. Hal ini tentu tidak dapat disia-siakan karena mereka sangat berbakat.

"Kami juga sebulan dua kali berikan pelatihan untuk masak dan baking. Mereka diajarkan sesuai kemampuan mereka. Tentunya dengan pelatihan ini mereka bisa open order kepada orang lain," bebernya.

 Anak-anak memasak

Model Kerenina Sunny pun turut senang bisa mengajari anak-anak disabilitas memasak. Walau harus dengan cara berbeda, dengan sabar Miss Indonesia 2009 ini membimbing anak-anak disabilitas.

"Masak bareng anak down syndrome pengalaman pertama saya. Senang dan seru saat mengajari mereka masak. Pas dikasih tahu langkah memasaknya, mereka paham ya. Walau harus disampaikan secara detail," ucapnya.

Dia pun mengapresiasi antusiasme anak-anak disabilitas dalam memasak. Kerenina menilai hasil masakannya tak kalah enak dari chef handal.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini