Mbah Mijan Koleksi 7 Keris dari Kakek hingga Titipan Kartosuro

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 31 Agustus 2019 17:05 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 31 612 2099003 mbah-mijan-koleksi-7-keris-dari-kakek-hingga-titipan-kartosuro-aElw1WGbhY.JPG Keris Tilam Upih milik Mbah Mijan (Foto: Dok. Pribadi)

Seorang praktisi spiritual pasti sudah tidak asing lagi dengan berbagai benda-benda berbau mistis maupun pusaka-pusaka keramat peninggalan leluhur. Salah satu benda berbau mistis yang paling sering ditemukan adalah keris.

Senjata yang terbuat dari logam dengan berbagai bentuk ukiran dan hiasan ini menjadi benda favorit para praktisi spiritual, salah satunya adalah Mbah Mijan. Meski memiliki beberapa koleksi keris, namun Mbah Mijan mengaku tidak hobi terhadap benda pusaka.

 Keris

Namun, di antara beberapa koleksi keris yang dimiliki oleh Mbah Mijan, ada satu keris yang menjadi favoritnya. Keris tersebut bernama ‘Tilam Upih’. Berbeda dengan keris pada umumnya, keris Tilam Upih berbentuk lurus dan tidak melengkung-lengkung layaknya keris biasa.

“Mbah sendiri bukan orang yang hobi terhadap benda pusaka. Tidak banyak koleksi tapi keris favorit mbah adalah keris Tilam Upih," ungkap Mbah Mijan saat dihubungi Okezone baru-baru ini.

Lebih lanjut Mbah Mijan mengaku hanya memiliki tujuh koleksi keris di dalam rumahnya. Keris yang diperolehnya pun berasal dari berbagai sumber, salah satunya adalah keris turun temurun dari sang kakek.

“Mbah hanya mengoleksi tujuh keris pusaka, satu adalah keris pemberian dari kakek sebagai pewaris silsilah secara turun temurun, tiga keris titipan dari Kartosuro, sementara sisanya hasil penarikan dari alam,” lanjut Mbah Mijan.

Mbah Mijan pun menjelaskan bahwa setiap keris yang dimilikinya tidak diperlakukan secara khusus. Ia juga merawat ketujuh keris sebagaimana umumnya.

Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah membersihkan keris dari karat yang menempel.

“Merawat keris pada umumnya tidak ada perlakuan khusus, terlebih bagi kita yang menyukai keris berdasarkan seni dan estetikanya. Bahan dasar keris adalah besi baja, tentu kita harus membersihkan karat-karatnya, agar pamor dari keris tersebut selalu terjaga keindahannya,” tuntasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini