nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Keris Istimewa di Museum Pusaka TMII, Ada yang dari Abad ke-8

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 31 Agustus 2019 20:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 31 612 2099061 5-keris-istimewa-di-museum-pusaka-tmii-ada-yang-dari-abad-ke-8-7B0945FHkP.jpeg Keris peninggalan Kerajaan Majapahit di Museum Pusaka TMII (Foto: Suakrdi/Okezone)

Malam satu suro selalu dikaitkan dengan penyucian keris dan Tahun Baru Islam. Di malam itu, beberapa orang masih melakukan beberapa tradisi seperti kirab dan juga syukuran sebagai tanda bersyukur menyambut tahun yang baru.

Nah, bicara mengenai malam satu suro yang tak bisa lepas dari persoalan keris, Okezone di kesempatan ini coba mendatangi Museum Pusaka Taman Mini Indonesia Indah (TMII) untuk mencari tahu lebih tentang keris.

Dibantu Kepala Seksi Umum Museum Pusaka TMII Muhamad Andi Azis, berikut beberapa hal yang mungkin Anda belum tahu mengenai keris dan sebagai tambahan ada lima keris istimewa yang dipajang di Museum Pusaka ini.

"Bicara keris, di sini ada sekitar 6.500 keris sejak 1993 bangunan ini pertama dibuka. Kebanyakan dari keris yang ada di museum ini adalah hibah pribadi yang kemudian dimiliki museum," ungkap Andi pada Okezone memberikan penjelasan singkat mengenai Museum Pusaka TMII, Sabtu (31/8/2019).

Andi melanjutkan, jika bicara lebih jauh mengenai keris, maka Anda akan menemukan beberapa istilah seperti salah satunya adalah 'luk' di mana ini maksudnya ada liukan yang ada di keris. Andi coba menjelaskan kalau setiap tipe 'luk' punya filosofinya sendiri.

Dimulai dari keris lurus yang menandakan Anda sudah 'matang' dalam segala bidang. Setelah itu, keris luk 3 bermakna anak muda yang punya cita-cita, luk 5 bermakna lancar bicara dan ini biasanya dimiliki Dalang, luk 7 diharapkan bisa membawa kewibawaan kepada pemiliknya, luk 9 diharapkan bisa memberi kewibawaan yang diberikan Tuhan dan ini biasanya dimiliki para pemimpin, luk 11 ini harapan agar Tuhan menganugerahi ambisi pada si pemilik, dan luk 13 bermakna keinginan pemilik bisa mendapatkan kemapanan.

"Meski ada filosofi di balik luk keris, di zaman modern seperti ini, paham ini tak begitu lagi diamini. Jadi, siapapun dengan kondisi apapun, boleh memiliki keris jenis apapun," ungkap Andi.

 

5 keris istimewa di Museum Pusaka TMII

 

Setelah tadi membahas sedikit mengenai keris, Andi juga menerangkan ada 5 keris yang cukup istimewa di dalam museum tersebut.

1. Paling tua

 

 Keris di TMII

Keris ini sudah ada sejak abad ke-8 Buddha. Mengacu pada informasi yang ditulis, keris ini berpamor Sanak dengan jenis luk lurus. Keris ini ditemukan di Klaten, Jawa Tengah, dengan berat total 250 gram dan panjang 26 cm. Warangka dari keris ini ialah Sandang Walikat dan kayu jati.

2. Luk 99

 Keris di TMII

Siapa sangka ada keris dengan jumlah luk 99. Menurut cerita sejarah, keris ini dibuat sebagai bentuk kekaguman empu yang membuat keris terhadap jumlah nama Allah SWT. Keris ini datang dari Madura dengan penggunaan motif Bali sebagai ornamen tambahannya.

 

3. Milik Bupati Tempo Dulu

 

 Keris di TMII

Andi menjelaskan kalau tombak ini dulunya milik seorang Bupati ternama di Indonesia. Tombak ini berpamor Pendaringan Kebak dengan sedikit adanya ornamen di bagian tengah berupa lingkaran dan salip yang dimaknai sebagai perisai. Keris ini ada di zaman Mataram.

4. Memiliki ukiran singa sekaligus gajah

 

 Keris di TMII

Ini merupakan keris yang unik. Sebab, ada dua ukiran sekaligus yaitu singa dan gajah. Menurut sejarah, keris ini pernah dipakai saat perang Majapahit dan menjadi keris yang diberikan secara khusus kerajaan Mataram di bawah kepemimpinan Sultan Agung Anyakrakusuma karena berhasil menumpas pemberontakan di Kadipaten Pati.

5. Milik Bangsawan Bugis

 Keris di TMII

Kekhasan keris di tanah Bugis, Sulawesi, dapat terlihat di keris yang satu ini. Dengan pamor pendaringan kebak dan mendak berupa emas, keris ini terbuat dari kayu kuningan dan gagang dari gading gajah. Keindahan keris ini sulit untuk dipalingkan dari perhatian.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini