nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Hal Ini Sering Tidak Disadari sebagai Pelecehan Seksual

Tiara Putri, Jurnalis · Minggu 01 September 2019 01:11 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 01 612 2099120 7-hal-ini-sering-tidak-disadari-sebagai-pelecehan-seksual-K1ltxa0aIK.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Pelecehan seksual bisa terjadi kepada siapapun, kapanpun, dan di manapun. Tak jarang kasus pelecehan seksual membuat korbannya mengalami trauma. Di sisi lain, beberapa orang mungkin tak menyadari jika dirinya menjadi korban pelecehan seksual.

Ya, pelecehan seksual memang bukan hanya sebatas sentuhan fisik yang bersifat merendahkan. Masih ada tindakan-tindakan lain yang masuk kategori ini. Apa sajakah itu? Simak ulasannya berikut ini seperti yang Okezone rangkum dari berbagai sumber, Minggu (1/9/2019).

1. Menghalangi gerakan seseorang

Bentuk pelecehan seksual pertama adalah berdiri di depan lawan jenis dan menghalangi jalan. Maksudnya mungkin bercanda tapi bisa jadi sengaja mengganggu sehingga masuk tindak pelecehan seksual.

 Infografis

2. Menatap atau melihat tubuh dari atas ke bawah

Mendapat tatapan tajam dari orang lain yang memerhatikan penampilan dari atas ke bawah kadang bisa menimbulkan ketidaknyamanan. Tapi lebih dari itu, ternyata ini termasuk tindakan pelecehan seksual. Terlebih jika tatapannya merendahkan.

 

3. Melontarkan candaan tentang identitas gender atau orientasi seksual

Secara tidak sadar saat berkumpul dengan teman sering kali terlontar candaan berbau pelecehan seksual. Entah itu yang menyangkut identitas gender atau orientasi seksual.

 

4. Menceritakan lelucon cabul

Hal lain yang tidak disadari bentuk pelecehan seksual adalah cerita lelucon atau candaan bernada cabul. Seperti mengajak melakukan hubungan seksual dengan nada bercanda.

Mengirim email, surat, atau gambar yang bersifat seksual

Pernahkah menerima gambar atau pesan teks berbau seksual? Seringnya hal ini memberikan ketidaknyamanan dan itu sudah masuk kategori pelecehan seksual.

5. Memberikan siulan

Pernahkah di antara Anda ada yang diganggu oleh lawan jenis dengan siulan? Hal ini sering disebut cat calling dan masuk kategori pelecehan seksual. Memberikan tatapan atau seringaian nakal juga termasuk kategori ini.

 

6. Mengancam untuk melakukan aktivitas seksual

Terkadang ada pihak-pihak yang meminta aktivitas seksual sebagai bentuk gratifikasi. Permintaannya pun disertai dengan ancaman. Jelas sekali ini adalah tindak pelecehan seksual.

7. Memberikan komentar sinis menyangkut gender

Terkadang ada orang yang tidak suka dengan kegiatan yang telah dilakukan oleh kita. Bisa saja dia memberikan komentar sinis. Tapi apabila komentar itu sudah membawa tentang gender dan bersifat seksisme, maka masuk kategori pelecehan seksual.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini