nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kisah Pembawa Berita yang Jadi Korban Pelecehan Seksual di Kantor

Pradita Ananda, Jurnalis · Minggu 01 September 2019 02:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 01 612 2099132 kisah-pembawa-berita-yang-jadi-korban-pelecehan-seksual-di-kantor-EcLKAj4FYH.jpg Pembawa berita yang jadi korban pelecehan seksual (Foto: Foxnews)

PELECEHAN seksual adalah salah satu momok yang paling ditakutkan, namun sayangnya juga paling sering terjadi terhadap perempuan di mana pun., bahkan yang tak terduga hal itu bisa terjadi di lingkungan kantor.

Seperti kasus yang dialami oleh 2 pembawa berita dari stasiun televisi terkenal, FoxNews, yakni Alisyn Camerota dan Gretchen Carlson. Keduanya menjadi korban dari pelecehan seksual di tempat bekerja, keduanya memilih untuk tidak mau tinggal diam.

 Infografis pelecehan seksual

Baik Alisyn maupun Gretchen, mencoba untuk vokal menyuarakan bahwa mirisnya pelecehan seksual di bekas tempat mereka bekerja tersebut adalah hal yang seolah lumrah terjadi karena bukan terjadi satu ataupun dua kali.

Menuturkan kisahnya, Alisyn yang kini bekerja sebagai news anchor CNN, menyebutkan bahwa pelecehan seksual yang harus ia dan para pekerja wanita lainnya di Fox News hanyalah satu dari sebagian kecil tantangan yang harus mereka hadapi kala bekerja di Fox News.

“Tentu saja, ada pelecehan seksual dan itu tidak menyenangkan. Tentu saja tidak menyenangkan berada di pihak korban. Tapi bahkan pada hari-hari ketika itu tidak terjadi, ada seorang pria yang sangat kuat yang memegang kunci masa depanmu di telapak tangannya dan yang memegang kekuasaan dengan cara yang benar-benar tidak menyenangkan, intimidasi,” ungkap Alisyn ketika diwawancara BuzzFeed News' Profile.

 Pelecehan seksual news anchor

Tidak terima dirinya menjadi korban pelecehan seksual, Alisyn membongkar tentang penindasan dan pelecehan yang ia terima dari mantan CEO Fox News, Roger Ailes, pada 2017 silam.

Menjadi korban Roger, Alisyn mengaku dulu Roger kerap melecehkan dirinya secara seksual dengan cara berlaku menjijikkan. Mulai dari cara verbal melalui pembicaraan, memeluk Alisyn sembarangan, bahkan sempat mengajak Alisyn untuk lebih akrab lagi berinteraksi di luar kantor, contohnya di hotel.

Selain Alisyn, ada kisah dari Gretchen Carlson yang lebih ramai dibicarakan di publik. Sebab, Gretchen secara gamblang menyatakan perang terhadap sang mantan bos, mantan CEO Fox News, Roger Ailes, pada 2016 lalu.

Gretchen merupakan mantan news anchor di Fox News, ia bekerja sejak 2015 hingga 2016. Sampai akhirnya Gretchen memutuskan untuk mengajukan gugatan di Pengadilan Tinggi New Jersey, terhadap Roger Ailes, dengan tuduhan menuduh bahwa dirinya diberhentikan karena ia menolak ajakan seksual dari Roger Ailes.

Gugatan tersebut menyatakan tentang dugaan pelecehan dan adanya diskriminasi. Namun Roger Ailes membantahnya dengan menyatakan, ada kompensasi yang adil, penugasan yang diinginkan dan peluang peningkatan karier lainnya. Sebelum memang akhirnya kontrak kerja Gretchen diakhiri.

 Pelecehan seksual

Menjadi korban pelecehan seksual sang mantan bos, Gretchen mengungkapkan bagaimana Roger kala itu mengajak dirinya untuk mempunyai hubungan pribadi secara seksual.

“Kala itu ia-Roger berkata, saya pikir Anda dan saya seharusnya mempunyai hubungan seksual dari sejak lama. Kamu akan bersikap baik, dan saya akan juga bersikap baik, akan lebih baik bagitu,” ungkap Gretchen.

Roger Ailes sendiri diketahui mengundurkan diri dari posisinya sebagai CEO Fox News setelah Gretchen memperkarakan dirinya di ranah hukum melalui pengadilan karena kasus pelecehan seksual. Setelah Gretchen bersuara, diketahui setidaknya ada 20 orang wanita yang muncul di publik juga dengan tuduhan pelecehan seksual oleh Roger. Roger sendiri pada Mei 2017 silam, telah meninggal di usia 77 tahun. Demikian seperti diwarta Buzzfeednews dan Huffingtonpost.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini