Share

Laki atau Perempuan? Gender Atlet Lari Ini Jadi Kontroversi Netizen

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Okezone · Minggu 01 September 2019 12:35 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 01 612 2099228 laki-atau-perempuan-gender-atlet-lari-ini-jadi-kontroversi-netizen-G6397I7RrY.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

TIDAK semua perempuan ingin berpenampilan anggun dan feminim. Banyak juga perempuan yang ingin tampil tomboy dan mirip pria. Tapi, tidak selamanya berpenampilan maskulin mendapat pujian.

Baru-baru ini, peraih medali perak di nomor 400 meter putri di Kejuaraan Daqing, Provinsi Heilongjiang, dikritik netizen.

Kala itu Liao Mengxue dan Tong Zenghuan berhasil finis di tempat pertama dan kedua dengan catatan waktu 53,25 detik dan 53,35 detik. Sejak saat itulah para netizen mempertanyakan gender kedua atlet tersebut karena penampilan spektakulernya.

Beberapa netizen menganggap Liao dan Tong terlihat adalah laki-laki. Bahkan seorang netizen lainnya berkomentara bahwa suara mereka berdua terdengar sangat jantan saat diwawancarai awak media. Ternyata, ini bukanlah pertama kalinya gender kedua atlet ini dipertanyakan netizen.

Ternyata, ini bukanlah pertama kalinya gender kedua atlet ini dipertanyakan netizen.

Keberhasilan mereka di Kejuaraan Atletik Nasional pada Juli 2019 di Shenyang, juga menarik komentar para netizen. Kala itu mereka mengambil bagian dalam estafet 4x400 meter dan berhasil meraih medali emas. Di saat bersama pula Liao berhasil meraih kemenangan di nomor 400 meter, sementara Tong meraih medali perunggu.

Keduanya juga pernah berkompetisi bersama dengan rekan setim Hunan dalam kategori 4x400 meter He Wei untuk China dalam acara IAAF World Relay Championship di Yokohoma, Jepang pada Mei 2019. Kala itu beredar sebuah video Youtube di saat Liao sedang diwawancara usai balapan di Yokohama.

Follow Berita Okezone di Google News

Sebagaimana dilansir South China Morning Post, Asosiasi Atletik China kabarnya telah menyatakan bahwa kedua pelari tersebut adalah asli perempuan. Namun, para netizen tampaknya masih penasaran dan terus mempermasalahkan hal tersebut.

Alhasil rasa penasaran netizen tersebut telah membuat kabar Liao dan Tong tersebut menyebar ke berbagai media online berbahasa Inggris dan postingan Twitter maupun Facebook.

“Banyak netizen mengatakan menilai dari bagaimana mereka terlihat atau bagaimana mereka berbicara, sulit untuk mengatakan bahwa Liao dan Tong adalah wanita. Asosiasi Atletik Tiongkok kemudian mengumumkan bahwa kedua atlet itu adalah wanita. Apa pendapat Anda tentang ini?” tulis salah satu media.

Meski demikian, beberapa dari netizen pun ada yang membela kedua atlet berprestasi tersebut dan mengucapkan selamat kepada keberhasilan mereka berdua di dunia atletik.

“Harus disayangkan bahwa Anda mencapai sesuatu yang sangat bagus hanya untuk dicabik-cabik di media sosial. Orang-orang kecil. Mereka hanya cemburu karena mereka menjalani kehidupan yang tidak terpenuhi, "tulis salah satu netizen bernama Greg Osborne.

“Apakah ada jenis kelamin dalam olahraga Tiongkok?" tulis salah satu situs berita yang berbasis di Hong Kong.

1
3
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini