nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Catat! Ini Tips Mengolah Keju agar Rasa Gurihnya Tetap Sempurna

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 02 September 2019 21:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 02 298 2099800 catat-ini-tips-mengolah-keju-agar-rasa-gurihnya-tetap-sempurna-oCRr2Hvx9H.png Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Walau bukan salah satu produk bahan makanan asal Indonesia, namun kehadiran keju di dapur orang Indonesia sudah biasa.

Dalam sajian makanan masyarakat Indonesia, keju bisa dibilang sudah tidak asing. Entah dimakan langsung, ataupun diolah menjadi berbagai jenis makanan berat, hingga kue-kue.

 Makanan di meja

Tapi tahukah Anda, pada dasarnya dalam mengolah keju menjadi sebuah hidangan baik itu makanan berat ataupun isian kue. Ada pakem-pakem yang harus diperhatikan, agar keju bisa menghasilkan rasa dan tekstur yang sempurna untuk dikonsumsi.

Aturan dasar dalam mengolah keju jadi makanan ini, seperti dijelaskan oleh Chef Degan Septoadji, yang harus diperhatikan saat memasak keju salah satunya soal suhu udar.

“Misal suka bingung kok masak keju, kejunya keras. Nah kalau masak keju, misalnya dipanggang ya langsung dikonsumsi. Didinginkan, kena suhu udara itu memang pasti keras,” tutur Chef Degan saat ditemui Okezone, Senin (2/9/2019) dalam gelaran acara ‘Konferensi Pers Festival Kuliner Kraft’ di kawasan Prapanca, Jakarta Selatan.

Selain memerhatikan soal suhu udara, hal lain yang harus diperhatikan ialah ternyata soal pairing. Ya, ternyata keju agar cita rasa gurihnya tidak mati, tidak boleh sembarangan dipasangkan dengan jenis makanan tertentu yang memiliki flavor alias cita rasa terlalu kuat. Mulai dari yang pahit sampai yang pedas.

 Makanan di meja

“Pairing yang tepat, sebaiknya tidak dipasangkan bersama makanan yang punya rasa kuat banget. Misalnya pare, kan pahit banget tuh. Untuk saya sendiri enggak mau memadukan keju sama pare, atau yang pahit-pahit lainnya, karena di mulut nantinya yang dominan rasa pahit, gurihnya keju enggak ada," lanjutnya.

Hal ini berlaku pula untuk makanan yang super pedas. Kalau mau memasangkan keju dengan rendang, rendangnya jangan terlalu pedas.

"Yang kita suka dari keju kan gurihnya. Rasa kejunya jangan sampai kalah,” pungkasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini