nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Tepat Menyimpan Keju di Kulkas agar Awet

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 03 September 2019 05:38 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 02 298 2099807 cara-tepat-menyimpan-keju-di-kulkas-agar-awet-xo19A3nwaU.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Tidak bisa disangkal, keju merupakan salah satu bahan makanan yang harganya bisa dibilang tidak begitu murah. Entah itu keju parut, mozarella, hingga keju impor.

Maka dari itu, rasanya sayang kan jika keju yang sudah dibeli mahal-mahal harus terbuang percuma atau tidak bisa diolah hanya karena kita salah metode dalam penyimpanannya.

 Makanan di meja

Patut diketahui, ternyata produk olahan susu alias dairy product satu ini tidak bisa disimpan di suhu ruangan. Sebagaimana dikatakan oleh Chef Degan Septoadji, semua jenis keju apapun harus disimpan di dalam lemari pendingin.

“Semua keju, jenis apapun disimpannya lebih baik di kulkas, karena keju itu dairy,” ujar chef Degan kala ditemui Okezone di bilangan Jakarta Selatan, Senin, 2 September 2019.

Menyimpan keju di lemari pendingin pun tidak bisa diletakkan di sembarang tempat.

Sebab, keju sebaiknya disimpan di sebuah rak tertentu di kulkas, yakni di bagian chiller.

Tidak hanya itu, suhu kulkas pun harus tetap terjaga.

 Jika menyimpan keju di dalam kulkas, Degan menambahkan, idealnya kulkas yang dipakai adalah kulkas dengan suhu 2 derajat sebab jauh lebih maksimal ketimbang disimpan di lemari pendingin yang hanya memiliki suhu 8 derajat.

“Jika kemasannya sudah dibuka, dipindahkan ke wadah kontainer yang tertutup rapat. Enggak perlu pakai aluminium foil sih, kan wadahnya sudah pakai tutup, bisa juga pakai plastic wrap biasa. Soal jangka waktu sih, kalau kulkasnya bagus yang 2 derajat bisa lebih awet tahan lama dari kulkas yang 8 derajat,” tutup Degan singkat.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini