nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Salah, Tak Semua Olahan Kimchi Masuk Kategori Vegetarian!

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 03 September 2019 07:52 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 03 298 2099928 jangan-salah-tak-semua-olahan-kimchi-masuk-kategori-vegetarian-VMeYgQr4YS.jpg Tidak semua kimchi termasuk kategori vegetarian (Foto : Koreanbapsang)

Bila melihat tampilannya, sebagian orang pasti akan langsung mengira bahwa olahan kimchi termasuk makanan vegetarian. Kudapan khas Korea Selatan ini memang terbuat dari sayuran yang difermentasikan menggunakan bumbu bawang putih, jahe, dan masih banyak lagi.

Resep kimchi sebetulnya beraneka ragam, tergantung siapa yang membuatnya. Tapi tetap saja, kudapan ini terbuat dari sayuran. Hal ini secara tidak langsung meyakinkan masyarakat bahwa olahan kimchi termasuk makanan vegetarian.

Namun belum lama ini, salah satu produsen kimchi ternama merilis sebuah produk terbaru yang bertajuk 'kimchi vegan'. Rasanya sedikit aneh mengingat makanan tersebut sudah identik dengan imej sayuran. Atau mungkin selama ini, ada bahan-bahan tertentu yang digunakan sehingga sebelumnya kimchi tidak bisa dimasukkan dalam kategori vegan atau vegetarian.

kimchi vegan

Selidik punya selidik, persoalan ini berkaitan erat dengan bumbu penyedap yang digunakan untuk membuat hidangan tersebut. Meski bahan dasar kimchi terdiri dari sayuran seperti kol, lobak, dan daun bawang yang notabennya ramah vegetarian, namun ternyata, saus yang digunakan untuk membuat olahan kimchi seringkali terbuat dari saus ikan atau terasi.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan rasa umami dan rasa asinnya. Bagi mereka yang 'dapat' mengonsumsi ikan, hal ini tentu bukan permasalahan berarti. Tetapi bayangkan bagi para vegetarian maupun vegan yang terlanjur mengonsumsi hidangan tersebut.

Maka dari itu, Nasoya Kimchi mulai memproduksi olahan kimchi berkualitas yang dikhusus untuk para vegan dan vegetarian. Ya, mungkin cita rasanya sedikit berbeda dengan kimchi 'asli', produk tersebut tentu akan menjadi alternatif terbaik bagi mereka. Demikian dilansir dari Food & Wine, Selasa (3/9/2019).

kimchi korea

Nah, bagi Anda yang tertarik membuat olahan kimchi di rumah, Okezone telah merangkum salah satu rekomendasi resepnya. Yuk simak langsung ulasannya di halaman selanjutnya :.lebih cepat, 24 jam pertama bisa didiamkan pada suhu ruang untuk selanjutnya disimpan di dalam kulkas selama kurang lebih 1 minggu;

Homemade Kimchi

Bahan-bahan :

1 kg sawi putih, kira-kira dua buah berukuran besar, lalu potong jadi 2 bagian

5 sdm garam

1 lobak ukuran sedang, iris korek api

1 wortel sedang, iris korek api

10 tangkai bunga bawang (bisa diganti kucai atau daun bawang), potong-porong

5 tangkai daun bawang, potong-potong

Bumbu dihaluskan :

1 bwg bombay sedang

8 siung bawang putih

1 ruas jari jahe

4-5 sdm kecap ikan

5 sdm gochujang (pasta cabai Korea)

2 sdm cabai bubuk

1 sdm corn syrup

olahan kimchi

(Foto : @doyancooking/Instagram)

Cara membuat :

1. Taburi sawi dengan garam secukupnya, bolak-balik per 30 menit. Setelah 2 jam buang air yg keluar. Cuci bersih. Lakukan secara teliti karena kimchi bisa keasinan kalau garam terlalu banyak;

2. Campurkan sayuran selain sawi dengan bumbu halus;

3. Balurkan campuran pada tiap lembar sawi;

4. Letakkan dalam wadah tertutup, taruh di dalam kulkas (fermentasi lebih lama).

5. Sajikan kimchi begitu saja sebagai side dish atau diolah menjadi masakan lain. Selamat mencoba.

1
3

Berita Terkait

Kimchi

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini