Heboh ART Tewas Diterkam Anjing, Kenali Karakter Belgian Malinois

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 03 September 2019 15:32 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 03 612 2100122 heboh-art-tewas-diterkam-anjing-kenali-karakter-belgian-malinois-2CG3wq2u65.jpg Anjing Belgian Malinois (Foto: Thehappypuppysite)

Baru-baru ini kasus kematian yang diakibatkan oleh hewan kembali terjadi di Indonesia. Korbannya adalah seorang Asisten Rumah Tangga atau ART tewas diterkam anjing saat sedang bertugas di rumah majikannya di Cilangkap, kelurahan Cipayung, Jakarta Timur.

Lebih mengerikannya lagi, ART tewas diterkam anjing setelah peliharaan sang majikan yang berjenis Belgian Malinois menyerang secara membabi buta. Akibatnya sang ART harus menderita luka parah pada bagian leher, payudara dan bagian tengah dada terluka karena gigitan dan cakaran.

Tentunya hal ini bukan pertama kalinya terjadi, beberapa waktu lalu seorang satpam juga mengalami luka serius akibat serangan anjing Pitbull. Lantas seberapa bahayakah anjing berjenis Belgian Malinois ini bagi manusia?

 Anjing

Merangkum dari Hillspet, Selasa (3/9/2019), Belgian Malinois memang terkenal sebagai salah satu anjing yang kuat dan tangguh. Sesuai dengan namanya, anjing jenis ini berasal dari Belgia dan terkenal akan tempramennya yang tinggi dan tingkat agresivitasnya.

Oleh sebab itulah anjing jenis ini sangat tidak cocok untuk dipelihara di lingkungan rumah tangga apalagi jika memiliki anak kecil.

Belgian Malinois ini juga memiliki karakteristik lain yang sangat unik yakni kuping yang berdiri dengan tegap. Mereka juga memiliki proporsi tubuh yang alami dan masuk dalam kategori anjing berukuran sedang. Anjing jenis ini kuat hidup di luar rumah karena memiliki kulit yang kuat dalam menahan iklim di Belgia.

Di negara kelahirannya, Belgian Malinois dipakai sebagai penggembala ternak. Fungsinya mirip dengan German Shepherd atau biasa lebih dikenal dengan Anjing Gembala Jerman/Helder. Postur dan perawakannya cenderung mirip. Mereka digunakan sebagai pengembala karena karakter mereka yang cepat dan cenderung bergerak secara alami.

Tak hanya pintar dalam menggembala ternak, Belgian Malanois juga dianugerahi kecerdasan yang sangat baik. Beberapa pasukan K9 kerap menggunakan anjing jenis ini untuk mendeteksi narkoba, bom, gas maupun pencarian dan penyelamatan korban kecelakaan.

Kuping yang berdiri tegak tanpa perlu dikupir (potong telinga) membuat pendengaran anjing ini menjadi sangat baik. Anjing ini sangat menuntut dan membutuhkan pemilik yang berpengalaman, oleh sebab itu anjing ini sangat tidak cocok untuk dijadikan anjing keluarga.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini