nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kulineran Malam di Surabaya, Cobain Sego Sambel Mak Yeye dan Pecel Ambulan Bu Hana

Rabu 04 September 2019 20:32 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 04 298 2100730 kulineran-malam-di-surabaya-cobain-sego-sambel-mak-yeye-dan-pecel-ambulan-bu-hana-acAN6RSbK9.jpg Nasi Pecel Ambulan Bu Hana (Foto: pergikuliner)

Sering merasa lapar di tengah malam dan tidak ada makanan di dapur? Daripada menahan lapar dan susah tidur, saatnya mencoba kulineran malam.

Jika kalian sedang ada di Surabaya, dua tempat ini cocok untuk wisata kulineran. Sego Sambel Mak Yeye dan Pecel Ambulan Bu Hana. Dua kuliner tersebut hits banget lho di Surabaya.

Sego Sambel Mak Yeye

Dilansir dari Mister Aladin, penampakan Warung Sego Sambel Mak Yeye sederhana. Bukan warung permanen, melainkan lapak yang berada di depan ruko. Atapnya pun hanya dibuat dari terpal. Tapi jangan salah, meski warungnya sederhana, pelanggannya luar biasa banyak.

 Orang mengantre

(Foto: naf_studio/Instagram)

Sego sambel adalah kalimat dalam bahasa Jawa yang jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia berarti nasi sambal atau nasi yang disajikan dengan sambal. Gampangannya sih, nasi penyet. Ya, sego sambel = nasi penyet.

Lokasi warung Sego Sambel Mak Yeye berada di Jalan Jagir Wonokromo, di sebelah utara pusat grosir Darmo Trade Center (DTC). Karena merupakan kuliner malam, warung tersebut buka dari jam 10 malam sampai jam 4 pagi. Saat datang ke sana, bersiaplah untuk antre karena pelanggannya Yeye sangat banyak. Kalian harus bersabar menunggu pesanan makanan datang.

Kalau tidak ingin mengantre lama, sebaiknya datang lebih awal. Menu favorit di warung nasi ini adalah penyet iwak pe alias ikan pari panggang. Kalau kalian bertanya ke orang Surabaya tentang tempat makan penyet iwak pe yang recommended, mereka rata-rata akan mengarahkan kalian untuk pergi ke warung Sego Sambel Mak Yeye.

Bagi yang nggak suka iwak pe, tenang. Masih ada menu lain yang disediakan di warung Sego Sambel Mak Yeye, yakni tempe goreng dan telur ceplok. Seporsi nasi + tempe + telur dihargai Rp10 ribu. Jika ditambah iwak pe, menjadi Rp15 ribu.

Sambal di warung Mak Yeye juara banget. Bagi yang nggak terlalu suka pedas, kalian bisa minta ke penjual untuk menambahkan gula pasir pada sambal.

Dari awal berdiri pada 1982 sampai sekarang, warung Sego Sambel Mak Yeye nggak pernah sepi pengunjung. Dari yang awalnya sambal dimasak dengan cara diulek di cobek sampai sekarang dimasak dengan cara diblender, warung Sego Sambel Mak Yeye tetap saja ramai.

Pecel Ambulan Bu Hana

 Aneka makanan

(Foto: pergikuliner)

Tujuan kedua yang bisa kalian kunjungi adalah Pecel Ambulan Bu Hana berada di Surabaya Utara. Lokasinya di Jalan Kranggan, di seberang mal BG Junction.

Kenapa namanya pecel ambulan? Apa karena menggunakan ambulan sebagai tempat berjualan? Bukan. Dilansir dari Mister Aladin, dinamakan ambulan karena di rombong pecel tersebut terpasang lampu seperti lampu ambulan.

Bagi yang belum tahu pecel, itu adalah sayuran yang disiram bumbu kacang. Pecel populer di Provinsi Jawa Timur. Biasanya, orang makan nasi pecel di pagi hari. Namun, sekarang, sudah banyak warung pecel yang juga buka di malam hari. Pecel Ambulan Bu Hana buka pada jam 11 malam sampai jam 4 subuh.

Lauk-pauk yang tersedia cukup lengkap. Ada tahu goreng, tempe goreng, telur dadar, perkedel, bakwan jagung, ayam bakar, ayam goreng, ayam goreng tepung, usus, dan cumi. Gimana, udah mulai ngiler belum? Kalian dijamin kenyang, deh makan di sana.

Harga sepiring nasi + sayur + bumbu kacang ialah Rp9 ribu. Kalau ditambah lauk, harganya bervariasi, tergantung lauk yang dipilih. Untuk lauk telur dadar atau bakwan jagung, harganya Rp11 ribu. Untuk lauk ayam bakar, harganya Rp22 ribu. Untuk ayam goreng tepung, harganya Rp28 ribu.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini