Mbah Mijan Bongkar Pengalaman Magis yang Dialami Terkait Keris Sakti

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 05 September 2019 01:02 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 04 612 2100742 mbah-mijan-bongkar-pengalaman-magis-yang-dialami-terkait-keris-sakti-6zMR6Vie4y.jpg Pengalaman Mbah Mijan bongkar pengalaman dengan keris kakti (Foto: Instagram/@Mbahmijan)

KISAH mistis pun tak luput menyelimuti keris, sebagai salah satu benda pusaka yang memang tidak disangkal mempunyai aura misterius dan magis tersendiri. Seperti pengalaman pribadi yang dialami oleh salah satu sosok paranormal muda yang tengah melambung namanya, Mbah Mijan.

Kepada Okezone, Mbah Mijan tak ragu menceritakan pengalaman kisah mistis yang ia alami sendiri terkait dengan keris sakti. Mbah Mijan menuturkan, dulu saat ia remaja ia sempat melihat dengan mata kepalanya sendiri, bagaimana kehebatan magis dari keris sakti milik sang nenek, yakni keris pusaka bernama keris Kyai Cumpet atau Keris Troh Banyu (Air Tumpah).

Pengalaman mistis

“Nenek dulu dikenal sebagai wanita yang tangguh mendampingi Kakek, nenek sering tirakat atau bertapa kemana-mana. Keris Pusaka yang nenek punya didapatnya dari hasil olah batin di sebuah Goa. Dulu pernah lihat langsung, ketika rumah tetangga kebakaran, nenek turun tangga  dengan menghunuskan keris ke arah kobaran api sambil membaca mantera, dan anehnya tak lama apinya langsung padam,” ujar Mbah Mijan, saat dihubungi Okezone, Kamis (29/8/2019) melalui sambungan telepon.

Kisah mistis seputar keris, diketahui juga menyelimuti keris Setan Kober. Dalam sejarah Jawa, disebutkan jika keris ini dibuat oleh seorang Empu, Empu Bayu Aji yang memiliki kesaktian mandraguna, di mana kesaktiannya ini bukan hanya ditakuti oleh manusia bahkan sangat disegani oleh para jin, yang mana juga jadi salah satu murid Empu Bayu Aji.

 Mbah Mijan

Pendek kisah, tiba-tiba keris sakti ini berada di tangan Arya Penangsang, seorang Adipati Jipang, Demak (1521-1546), tapi kemudian sempat direbut oleh Hadiwijaya, hingga Arya menyuruh sebanyak orang untuk merebut keris dan sekaligus membunuh Hadiwijaya. Peperangan antara Arya dan Hadiwijaya terus terjadi, membuat kutukan yang ada di keris Setan Kober ini memunculkan banyak petaka.

Sampai akhirnya, Sutawijaya, sebagai anak angkat Hadiwijaya dikatakan berhasil merobek perut Arya Penangsang dengan menggunakan tombak keris Kyai Pleret hingga ususnya terburai. Tak ingin menyerah, Arya melilitkan ususnya ke gagang keris.

Mbah Mijan

Akhirnya Sutawijaya berhasil membunuh Arya. Namun anehnya, hingga kini keris Setan Kober ini tidak diketahui keberadaannya, sebab diyakini telah lenyap bersama Arya Penangsang. Tapi ada juga yang berpendapat, jika keris Setan Kober ini memang sengaja dilenyapkan, akibat musibah yang dibuat karena keris ini.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini