nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ariana Grande Tuntut Forever 21 Rp142 M Atas Tuduhan Plagiarisme

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 05 September 2019 16:40 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 05 194 2101089 ariana-grande-tuntut-forever-21-rp142-m-atas-tuduhan-plagiarisme-KsiVGxyuMy.jpg Ariana Grande (Foto: Etonline)

"Sudah jatuh tertimpa tangga". Ungkapan klasik ini sepertinya sangat pas untuk menggambarkan kondisi fashion retailer Forever 21. Setelah dikabarkan mengalami kebangkrutan, perusahaan fashion tersebut dituntut oleh manajemen Ariana Grande atas tuduhan plagiarisme.

Dilansir Okezone dari SCMP, Kamis (5/9/2019), Forever 21 disinyalir menggunakan gaya ikonik Ariana Grande untuk mempromosikan koleksi terbaru mereka tanpa seizinnya. Termasuk menggunakan model yang benar-benar mirip dengan wajah Ariana Grande.

 Perempuan berpose

Buntut dari kasus tersebut, pihak Ariana Grande menuntut ganti rugi senilai 10 juta USD atau setara dengan 142 miliar kepada Forever 21. Selidik punya selidik, lini kosmetik Riley Rose lah yang berperan penting dalam menciptakan kampanye online tersebut.

Tampilan model dan nuansa dari video mereka memang benar-benar mirip dengan gaya busana Ariana dalam video klip 7 Rings yang dirilis akhir tahun lalu. Buntut dari kasus tersebut, tim pengacara Ariana Grande telah melayangkan gugatan di pengadilan Los Angeles pada Senin 2 September 2019.

Mereka mengklaim kampanye online itu dimaksudkan untuk menipu konsumen agar percaya bahwa Ariana Grande telah di-endorse oleh Forever 21.

“Bahkan, satu postingan (endorse) di media sosial Ariana Grande bernilai ratusan ribu dolar. Bila endorse berlangsung dalam jangka panjang, biayanya bisa mencapai jutaan dolar,” tutur salah satu juru bicara Ariana.

 Perempuan berpose

Seperti diketahui, saat ini Ariana Grande menjadi selebriti dengan jumlah terbanyak di Instagram yakni berkisa 163 juta followers. Tak pelak bila timnya benar-benar sangat concern dengan kasus plagiarism tersebut.

Bukan tanpa alasan, beberapa gambar dan video yang diunggah Forever 21 menampilkan seorang model yang mengenakan pakaian bernuansa ungu, dan ikat kepala merah muda, serta sepatu bot seperti yang dikenakan Ariana dalam video musik 7 Rings.

Menanggapi gugatan tersebut, pihak Forever 21 mengeluarkan sebuah pernyataan bahwa mereka telah lama bekerjasama dengan Ariana Grande, dan berhak memiliki lisensi pelantun tembang “God Is A Woman” itu selama dua tahun terakhir.

“Kami berharap dapat menemukan solusi yang baik dan bisa disepakati bersama. Sehingga bisa terus bekerjasama di masa yang akan datang,” tulis pernyataan Forever 21.

Namun sayang, minggu lalu Forever 21 dilaporkan telah mempersiapkan pengajuan kebangkrutan oleh salah satu media internasional, Bloomberg.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini