nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Baru Masuk Sekolah, Ini Tips untuk Orangtua agar Anak Semangat Belajar

Dinno Baskoro, Jurnalis · Kamis 05 September 2019 21:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 05 196 2101203 baru-masuk-sekolah-ini-tips-untuk-orangtua-agar-anak-semangat-belajar-PL5riuM9LO.jpg Tips untuk orangtua agar anak semangat belajar saat baru masuk sekolah (Foto: NBC News)

RASA cemas mulai dirasakan orangtua baru saat anaknya masuk sekolah. Anak akan mengalami masa transisi dalam hidupnya untuk pertama kali. 

Misalnya ketika awal masuk sekolah dasar (SD), anak akan mendapat pengalaman baru dalam hidupnya. Si kecil harus disiplin waktu untuk menjalani aktivitas yang padat. 

Saat bersekolah, si anak bakal menghadapi mata pelajaran yang semakin padat. Belum lagi pengaruh sosial lingkungan yang meningkat. Para orangtua tentu diajak menyiapkan anak secara fisik dan semangatnya agar anak siap sekolah.

Ilustrasi anak mulai sekolah

"Ciri-ciri anak yang bersemangat antara lain memiliki pola pikir yang berkembang, menyukai tantangan dan tidak mudah menyerah," ucap Psikolog Alfath Hanifah Megawati, S.Psi MPsi belum lama ini.

Sangat mudah sebetulnya membuat anak jadi semangat belajar apalagi saat baru masuk sekolah. Tentu caranya harus beradaptasi dengan aktivitas barunya, baik secara fisik dan mental.

Alfath menambahkan, semangat dapat muncul apabila anak memiliki orangtua yang mendukung. Terutama saat mereka berada dalam lingkungan sekolah yang nyaman, dan sehat secara fisik dan mental.

Dia juga menjelaskan, ada beberapa hal yang dapat dilakukan orangtua untuk mendorong semangat belajar anak. Seperti mengajak anak berbagi cerita, memberikan kesempatan pada anak untuk memilih kegiatan yang disukainya, mengajak belajar sambil bermain, dan merayakan setiap keberhasilan. 

Ilustrasi anak belajar sekolah

“Masing-masing anak memiliki keunikan sendiri, karena itu penting bagi orangtua untuk mengetahui berbagai pendekatan yang dapat meningkatkan semangat anak,” tambahnya, seperti dalam keterangan Dancow Fortigro.

Selain membangkitkan semangat anak, orangtuga juga harus mempersiapkan fisik anak untuk siap sekolah. Yakni dengan menambah asupan gizinya setiap hari. 

Pakar Gizi Wahyu Kurnia Yusrin Putra SKm, MKM menuturkan, anak butuh asupan gizi seimbang dalam mempersiapkan fisiknya. Mereka harus sehat dan kuat untuk siap sekolah. 

Anak makan sehat

"Kebutuhannya mencakup karbohidrat, protein, sayur, buah, vitamin, serta mineral, yang penting bagi tumbuh kembang anak yang optimal. Diperlukan juga pola makan yang teratur dengan porsi yang seimbang dan ditambah susu sebagai sumber protein berkualitas untuk melengkapi kebutuhan gizi anak," katanya. 

Sebaiknya persiapan masuk SD ini dapat diterapkan ketika si kecil belajar di kelas TK. Biasakan mereka untuk disiplin, dengan menghadapi teman-teman, serta berkomunikasi dengan guru. 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini