nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sering Minum Soda, Waspada Ancaman Risiko Kematian Dini!

Brilyana Dwi Indriani, Jurnalis · Kamis 05 September 2019 07:56 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 05 481 2100851 sering-minum-soda-waspada-ancaman-risiko-kematian-dini-4jZObCwglH.jpg Waspada bahaya minuman bersoda (Foto : Theguardian)

Sensasi minum soda memang menjadi pilihan banyak orang. Selain menghilangkan haus juga menyegarkan tenggorokan. Tapi, tahukah Anda jika minuman bersoda bisa meningkatkan risiko kematian dini?

Di lansir dari Theguardian, Kamis (5/09/2019) orang-orang yang sering minum soda memiliki risiko kematian dini lebih tinggi. Namun, para ahli mengatakan penelitian ini tidak dapat membuktikan minuman ringan menjadi pendorong peningkatan risiko kematian.

“Hasil kami memberikan dukungan untuk membatasi konsumsi minuman bersoda dan menggantikannya dengan minuman sehat lainnya, utamanya air putih,” ungkap Dr. Neil Murphy untuk Penelitian Kanker bagian Organisasi Kesehatan Dunia.

minuman soda kaleng

Dalam Jurnal Jama Internal Medicine, Murphy dan rekannya melaporkan bagaimana mereka menganalisis data dari lebih dari 450.000 orang, 70% di antaranya adalah wanita di 10 negara Eropa, termasuk Inggris. Peserta memiliki usia rata-rata lebih dari 50. Mereka memiliki masalah kondisi kesehatan seperti kanker, penyakit jantung atau diabetes.

Setelah peserta bergabung, penelitian berlangsung antara tahun 1992 hingga 2000. Kemudian ditindaklanjuti rata-rata 16 tahun, lebih dari 41.600 kematian dicatat. Lalu peserta diberikan beberapa pertanyaan seputar gaya hidup seperti, berolahraga, kebiasaan merokok, berat badan dan diet, serta nutrisi termasuk minum soda.

Hasil menunjukkan, 9,3% dari peserta yang minum kurang dari satu gelas minuman bersoda meninggal sebulan selama penelitian dibandingkan 11,5% dari mereka yang minum dua gelas atau lebih dari 250ml sehari. Tim mengatakan bahwa faktor diet, aktivitas fisik, merokok dan pendidikan memiliki risiko kematian 17% lebih tinggi, dibandingkan di antara mereka yang minum dua gelas minuman bersoda sehari, bahkan kurang dari satu gelas.

soda gembira

Ketika tim melihat penyebab spesifik kematian, mereka mendapati konsumsi minuman ringan yang dimaniskan, secara artifisial dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih tinggi akibat penyakit peredaran darah. Sementara itu, minuman ringan yang dimaniskan dengan gula dikaitkan dengan risiko kematian akibat penyakit pencernaan yang lebih tinggi.

Murphy mengatakan ada kemungkinan bahwa mereka yang sering mengonsumsi minuman manis buatan dan mungkin makan lebih banyak makanan ringan bergula, tetapi tidak ada tanda-tanda pengaruh seperti itu dalam data.

minuman soda warna

Dr Mathilde Touvier dari Inserm, Institut Nasional Kesehatan dan penelitian medis Prancis, menyambut baik penelitian terbaru ini. Selain itu, studi terbaru ini memiliki sejumlah keterbatasan, termasuk peserta hanya ditanya tentang minuman dan gaya hidup mereka pada satu waktu.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini