nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

MNC Peduli Edukasi Karyawan akan Bahaya Gadget Lewat Seminar Kesehatan

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 05 September 2019 14:41 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 05 481 2101019 mnc-peduli-edukasi-karyawan-akan-bahaya-gadget-lewat-seminar-kesehatan-F3tkBmsj0W.jpg Bahaya gadget untuk kesehatan (Foto: Digitaltrends)

BANYAK orang di zaman sekarang rasanya selalu tak lepas dari penggunaan gadget. Padahal ada bahaya gadget yang bisa mengintai ketika sudah kecanduan.

Salah satu yang kerap menjadi keluhan seseorang dari bahaya gadget adalah Carpal Tunner Syndrome. Efeknya mengakibatkan gangguan di area pergelangan tangan, sampai membuat kebas atau bahkan nyeri.

Siapapun dapat mengalami gangguan sindrom tersebut. Baik di kalangan anak-anak, karyawan, pelajar hingga orang tua yang setiap hari hampir berkutat dengan gadget.

 Bahaya Gadget

Sumber Hootsuite menyebutkan, hampir 91% masyarakat Indonesia menggunakan gadget. Oleh karena itu, tren penggunaan smartphone yang berlebihan, saat ini memiliki dampak negatif yang mengganggu kesehatan.

Untuk mengedukasi karyawan MNC Group agar bisa menghindari risiko tersebut, MNC Peduli bekerja sama dengan Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) untuk mengadakan seminar. Acara ini mendatangkan ahli saraf dari Malaysia, Dr Terence Tay Khai Wei dari Thomson Hospital Malaysia untuk memaparkan bahaya gadget.

Head of CSR MNC Group Tengku Havid mengatakan, masa kini penggunaan gadget sangat banyak dipakai oleh siapapun. Baik itu hanya sekedar main game terlalu atau ada urusannya dengan pekerjaan.

"Lewat seminar ini kita mengajak karyawan MNC Group untuk peduli kesehatan, terutama bagaimana mencegah penggunaan smartphone berlebihan, agar tidak merusak atau berdampak pada kesehatan," ucap Tengku di INews Tower, Kebon Sirih Jakarta Pusat, Kamis (5/9/2019).

 MNC PEduli

Bukan tanpa alasan saat MNC Peduli menggandeng tenaga ahli dari Malaysia. Walau di Tanah Air banyak ahli saraf yang memadai, namun tak ada mencari opini berbeda dari tenaga kesehatan di Negeri Jiran. Menurutnya, masyarakat Indonesia akan menambah pengetahuan ketika bertemu dengan tenaga medis dari luar negeri.

Director Market Development Indonesia Farah Delah Suhaimi menjelaskan, edukasi seperti ini penting dilakukan agar masyarakat perlu mengetahui bahwa smartphone yang merupakan alat yang kita gunakan sehari-hari jika dipakainya berlebihan akan menyebabkan penyakit. Salah satunya adalah Carpal Tunnel Syndrome.

"Kami berkomitmen untuk menciptakan kesadaran tentang perawatan kesehatan yang lebih baik, misalnya melakukan edukasi kesehatan kepada masyarakat," tutur Farah.

Dengan adanya seminar ini, sambung Farah, masyarakat jadi teredukasi dengan baik. Mereka harus proaktif dalam menjaga kesehatan, khususnya yang menjadi aset di masa mendatang.

"Karena pencegahan lebih baik agar kesehatan tetap terjaga. Kami menyambut semua orang untuk datang dan merasakan manfaatnya," imbuhnya.

 Seminar kesehatan

Selama acara berlangsung, sebanyak 60 peserta antusias mengikuti saran atau penjelasan dari sang ahli. Rasa ingin tahu mereka akan bahaya penggunaan gadget ini besar.

Mereka ikut ikut dalam sesi penjelasan dari ahli hingga tanya jawab. Seminar ini dinilai sangat memuaskan dan manfaatnya besar.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini