Fakta Penelitian, Diet Vegan Bisa Tingkatkan Risiko Stroke

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 05 September 2019 22:01 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 05 481 2101185 fakta-penelitian-diet-vegan-bisa-tingkatkan-risiko-stroke-ZL1mdoXZh3.jpg Diet vegan bisa tingkatkan risiko penyakit jantung (Foto: Health)

BEBERAPA waktu belakangan semakin banyak orang yang menjadi vegetarian atau menjalani pola diet vegan. Pola diet ini dianggap sebagai alternatif untuk hidup sehat. Tapi di sisi lain menjadi vegetarian dan menjalani diet vegan ternyata juga membawa masalah kesehatan.

Belum lama ini para peneliti dari University of Oxford mengungkapkan meski menjadi vegetarian dan menjalani diet vegan mengurangi risiko penyakit jantung, tapi ada risiko peningkatan terserang stroke.

Hasil ini didapatkan setelah para peneliti menganalisis data dari 48.188 orang yang telah diikuti selama 18 tahun. Mereka terbagi menjadi tiga kelompok yaitu pemakan daging, pemakan ikan, serta vegetarian dan menjalani diet vegan.

 Diet vegan

Peserta penelitian sebelumnya tidak terdeteksi memiliki riwayat penyakit jantung atau stroke. Setelah 18 tahun, para peneliti kemudian memeriksa data yang menunjukkan terjadi 2.820 kasus penyakit jantung iskemik dan 1.072 kasus stroke di keseluruhan kelompok. Peneliti kemudian menyesuaikan faktor-faktor yang mungkin memengaruhi hasil.

Para peneliti menemukan pemakan ikan memiliki risiko 13% lebih kecil untuk terkena penyakit jantung daripada pemakan daging. Sementara mereka yang menjadi vegetarian dan menjalani pola diet vegan memiliki risiko 22% lebih kecil untuk terkena penyakit jantung. Klik halaman selanjutnya untuk fakta penelitian diet vegan lebih lanjut.

Namun peneliti menemukan fakta lain dimana kelompok vegetarian dan diet vegan memiliki risiko 20% lebih tinggi untuk terkena stroke daripada pada pemakan daging. Sebagian besar stroke yang terjadi adalah stroke hemoragik yaitu yang disebabkan oleh perdarahan di dalam atau sekitar otak. Hasil penelitian kemudian diterbitkan dalam British Medical Journal (BMJ).

"Kami mengamati tingkat penyakit jantung iskemik yang lebih rendah pada pemakan ikan dan vegetarian daripada pemakan daging. Hal ini tampaknya karena sebagian dari mereka indeks massa tubuhnya lebih kecil. Selain itu, mereka juga lebih kecil kemungkinannya mengalami tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan diabetes,” ujar para peneliti seperti yang Okezone kutip dari Mirror, Kamis (5/9/2019).

 Ilustrasi stroke

Di sisi lain, para peneliti menerangkan jika peningkatan risiko stroke pada kelompok vegetarian dan diet vegan terjadi karena konsumsi vitamin yang lebih rendah. Berdasarkan data dari para peserta penelitian, mereka yang masuk kelompok vegetarian dan menjalani pola diet vegan kekurangan vitamin B12, vitamin D, asam amino esensial, dan rantai panjang n-3 asam lemak tak jenuh. Kadar kolesterol total yang rendah juga dikatakan bisa sebagai pemicu.

Meski begitu peneliti menyebutkan perlu penelitian lebih lanjut untuk memastikannya. "Diet vegetarian telah menjadi semakin populer dalam beberapa tahun terakhir, sebagian karena manfaat kesehatan yang dirasakan, serta kekhawatiran tentang lingkungan dan kesejahteraan hewan,” tandas peneliti.

Melihat hasil penelitian, ahli diet senior, Tracy Parker mengatakan ini sesuatu yang menarik. “Penelitian ini memberikan bukti lebih lanjut bahwa lebih banyak mengonsumsi makanan nabati dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Namun, vegetarian juga berisiko lebih tinggi terkena stroke d karena berpotensi kekurangan nutrisi tertentu. Namun penelitian ini bersifat observasional dan belum cukup bukti sehingga diperlukan lebih banyak penelitian,” ujarnya.

 Diet vegan

Tracy menambahkan, entah itu pemakan daging maupun vegetarian, tetap ada cara untuk meminimalkan risiko terkena penyakit jantung dan melancarkan peredaran darah. “Cukup konsumsi makanan yang seimbang, dikemas dengan banyak buah dan sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Bagi mereka yang makan daging, kurangi konsumsi daging merah sebanyak 90 g dan hindari daging olahan,” pungkasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini