nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peduli Lingkungan, Aksi Driver Ojol Pungut Sampah Jadi Viral!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 05 September 2019 12:35 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 05 612 2100934 peduli-lingkungan-aksi-driver-ojol-ini-pungut-sampah-jadi-viral-T2ucbEZCuu.jpg Aksi driver ojol pungut sampah jadi viral (Foto : @ryan_nus/Twitter)

Setiap orang punya tanggung jawab yang sama untuk melindungi bumi ini. Salah satunya dari sampah yang bertebaran di jalan. Tak ingin hal ini terjadi, seorang driver ojol lakukan aksi sosial yang kemudian viral di media sosial.

Ya, akun Twitter @ryan_nus melakukan aksi sosial dengan mengumpulkan sampah yang berserakan di jalanan dan dia kumpulkan di motornya. Jadi, setiap hari driver ojol Ryan akan membawa kantong plastik kosong dan jika dirasa sudah penuh, dia akan membuang sampah tersebut ke tempatnya.

Aksi ini dia bagikan di media sosial dan ternyata mendapat respon luar biasa. Sampai berita ini dimuat di Okezone, sudah ada 8,1 ribu netizen mendukung aksi Ryan dengan memberi likes, dan ada 7,7 ribu netuzen membagikan ulang postingan tersebut.

Dalam postingannya, Ryan menuliskan caption seperti ini,

"Sudah seminggu terkahir bawa ojek online selalu bawa kantong plastik buat jadi tempat sampah. Selain sampah bekas jajanan dan tisu saya. Tiap kali nunggu penumpang dan ada sampah sekitar situ, selalu diusahakan dipungut. Kelar bawa ojek, tinggal dibuang. Langkah kecil emang, tapi semoga diikuti yang lain," tulisnya.

gOJEK pUNGUT

Mengetahui informasi ini, Okezone coba mewawancarai Ryan langsung melalui pesan langsung Twitter. Dalam keterangannya, dia membenarkan kalau itu adalah aksinya dan sudah dilakukan seminggu yang lalu. Kenapa driver ojol Ryan mau melakukan aksi ini?

"Awalnya karena lihat kerja PPSU (petugas kebersihan) di jalan yang nggak ada abis-abisnya nyapu sampah di jalanan, terus lihat lobang selokan banyak yang mampet karena sampah," ungkap Ryan menjelaskan ide awal aksinya.

Karena itu, dia kemudian berinisatif untuk melakukan sebuah gerakan yang sederhana tapi setidaknya bisa berdampak bagi lingkungan. Jadi, ide itu muncul saat dia sadar kalau nunggu penumpang dia hanya diam saja. Daripada diem, mending mungutin sampah.

"Kepikiran lakukan aksi ini karena suka lama nunggu penumpang keluar. Nah, daripada bengong nggak jelas, mending pungutin sampah sekitar tempat nunggu," ujarnya.

Gojek Pungut Sampah

Ditanya apakah penumpang risih dengan adanya sampah di depan motor Ryan, dia menjelaskan sejauh ini semua berjalan baik. Penumpang tidak tahu juga kalau itu isinya sampah.

"Pernah ada yang tanya ke saya, plastik itu isinya apa, saya jawab aja jas hujan," sambungnya.

Lalu, sampah apa saja yang dipungut Ryan?

Dia menuturkan, sampah yang biasanya dia pungut itu ialah botol minuman, tisu, kantong plastik bekas makanan, bahkan belum lama ini Ryan mengaku sempat memungut pipa pralon juga. Ya, intinya sampah yang ada di jalanan.

driver ojol ryan

Dia berharap sekali aksinya tersebut bisa diikuti driver ojol lain. Hal ini demi menjaga kebersihan lingkungan dan melakukan aksi kecil tapi berdampak besar.

"Ini lagi mau ngajakin driver lain, mau syukur, nggak mau, ya, saya tetap lakuin sendiri," tambahnya. Dia juga menyatakan, pada setiap orang untuk jangan buang sampah sembarangan, karena ini akan membantu meringankan kerjaan petugas kebersihan di jalan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini