nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Kesalahan saat Makan Es Krim Ini Bisa Sebabkan Keracunan

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 06 September 2019 08:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 06 481 2101316 3-kesalahan-saat-makan-es-krim-ini-bisa-sebabkan-keracunan-9X2ppZLVhF.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Es krim adalah favorit banyak orang terutama bila dimakan saat cuaca panas. Kendati demikian, banyak orang yang salah mengenai cara memakan es krim. Kesalahan itu ternyata bisa menimbulkan masalah kesehatan.

Melansir Mirror, Jumat (6/9/2019), es krim bisa menjadi penyebab keracunan makanan apabila dikonsumsi dengan cara yang salah. Seorang dosen Ilmu Biomedis dari Aston University, Amreen Bashir membeberkan kesalahan memakan es krim.

 Makan es krim

“Terlalu banyak konsumsi es krim bisa meningkatkan risiko diabetes dan obesitas karena kadar gula yang tinggi. Tapi es krim benar-benar berpotensi menyebabkan penyakit,” ujar Amreen.

Dirinya menyebutkan kesalahan paling umum adalah membekukan kembali es krim yang sudah mencair. Pasti banyak dari Anda yang membeli es krim di mini market untuk dimakan di rumah.

Sesampainya di rumah, agar es krim tetap nikmat untuk dimakan rata-rata memilih menaruhnya lagi di freezer agar kembali beku.

"Es krim mencair dengan cukup cepat pada suhu kamar. Di sisi lain, cairan manis adalah tempat yang paling disenangi oleh bakteri, salah satunya Listeria. Ketika es krim yang sudah mencair dibekukan kembali, pertumbuhan bakteri bisa dua kali lebih banyak,” jelas Amreen.

 Perempuan makan es krim

Kesalahan kedua adalah memakan es krim dengan sendok. Es krim memang hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran. Terkadang ada bentuk es krim yang harus dimakan dengan sendok.

Tapi banyak yang kurang memerhatikan sendok tersebut, terutama untuk es krim yang dijual di supermarket atau kedai. Bisa jadi sendok yang dipakai untuk memakan es krim sudah terpapar bakteri sehingga apabila ikut masuk ke tubuh bisa menyebabkan infeksi.

Kesalahan umum yang terakhir adalah ketika mencoba membuat es krim sendiri di rumah. Untuk membuat es krim dibutuhkan sejumlah bahan. Di beberapa resep yang ditemukan melalui internet, terkadang ada yang menyarankan penggunaan telur mentah.

Padahal itu dapat memungkinkan terjadinya keracunan bakteri Salmonella yang menginfeksi saluran pencernaan. Apabila ingin membuat es krim sendiri, Amreen memberikan satu tips.

“Es krim yang diproduksi secara komersial sering dibuat menggunakan telur yang dipasteurisasi. Oleh karenanya, apabila ingin membuat es krim sendiri, gunakanlah susu dan krim yang sudah dipasteurisasi. Hindari penggunaan telur mentah agar es krim tetap aman dimakan. Di sisi lain es krim tetap nikmat untuk dimakan,” pungkas Amreen.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini